oleh

Tips Mengatur Keuangan Saat Lebaran dan Tahun Ajaran Baru Berdekatan

istimewa
istimewa

kupasbengkulu.com – Bunda adalah pihak yang paling repot jika pengeluaran tiba tiba lebih banyak dari biasanya. Seperti saat ini ketika lebaran dan tahun ajaran baru berdekatan, bunda harus menyisikan uang untuk segala keperluan lebaran, mulai dari baju lebaran sekeluarga, kue, ongkos mudik hingga menyiapkan tunjangan hari raya (THR) untuk keponakan. Disisi lain tahun ajaran baru si kecil mulai masuk sekolah, ia membutuhkan seragam baru, uang pendaftaran, sepatu baru, dan alat tulis. kupasbengkulu.com punya tips untuk bunda mengenai hal ini:

1. Buatlah rincian pengeluaran : catatlah keperluan pengeluaran sedetail mungkin untuk mencegah adanya pengeluaran tambahan.

2. Sesuaikan dengan keuangan : bunda harus menghitung pas atau tidak jumlah perincian tersebut dengan kondisi keuangan saat ini. Jika misalnya dari catatan keperluan pengeluaran lebih besar daripada jumlah uang yang ada sekarang, bunda harus menghapus beberapa keperluan yang tidak perlu. Seperti pemberian THR, mudik dan membeli baju lebaran bisa diurungkan, bukankah bunda sekeluarga bisa menggunakan pakaian muslim yang masih layak.

3. Sediakan kue seperlunya saja : jangan berlebihan dalam membuat atau membeli kue lebaran karena sayang jika tidak termakan padahal sudah banyak mengahbiskan uang.

4. Beli keperluan sekolah si kecil di toko yang menyediakan diskon: setiap tahun ajaran baru biasanya banyak toko yang menjual keperluan sekolah memberikan diskon menarik. Tidak ada salahnya bunda survei untuk mencari yang paling murah dengan kualitas tetap bagus.

5. Hindari belanja dengan membawa ATM atau kartu kredit: ambillah uang cash sebelum berbelanja dan tinggalkan ATM dan kartu kredit di rumah. Lapar mata dan rayuan para penjual bisa membuat bunda luluh dan urung berhemat.

Semoga tips ini bermanfaat untuk bunda ya, selamat mencoba.(cr10)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed