oleh

Tonton Acara TV, Untung Jutaan Rupiah

Stroberi yang berpotensi dikembangkan di Kepahiang
Stroberi yang berpotensi dikembangkan di Kepahiang

Kepahiang, kupasbengkulu.com – Ternyata, dengan hobi menonton televisi itu bisa saja menguntungkan, bahkan hingga jutaan rupiah perbulan. Tetapi, jangan cepat-cepat mengambil kesimpulan, karena hobi menonton yang dimaksudkan, adalah mengambil manfaat atau ilmu dari acara yang ditampilkan, seperti acara pada salah satu stasiun televisi dengan tayangan tentang seputar pertanian.

Ini dibuktikan oleh Rudi warga desa Sido Makmur, Kecamatan Kabawetan, dimana tayangan teknik membudidaya tanaman stroberi pada salah satu stasiun televisi secara serius diterapkannya.

Alhasil, Rudi dalam waktu yang terbilang singkat, berhasil memperoleh keuntungan rata-rata Rp 2 Juta per bulan. Lalu, seperti awalnya Rudi bisa mendapatkan keuntungan yang selama ini bisa menopang prekonomian keluarganya.

Menurut Rudi, dari sebuah acara seputar pertanian yang ditanyangkan oleh satu stasiun televisi, tepatnya tentang potensi hasil buah stroberi yang dikembangkan petani di daerah Bandung (Jawa Barat), memotivasikannya untuk melakukan uji coba. Meskipun sebatas uji coba, Rudi langsung menunjukkan keseriusannya dengan mendatangkan bibit dari daerah yang menjadi lokasi pengembangan buah stroberi yang diketahuinya dari acara televisi.

Dengan ketekunan atau kerja kerasnya dalam membudidayakan stroberi, perlahan menunjukkan hasil yang cukup menjanjikan. Hasil tersebut, terus memotivasikan dirinya untuk fokus melakukan pengembangan. Awalnya, bibit stroberi yang dikembangkan Rudi hanya seratusan batang.

Selanjutnya, Rudi berhasil menanam sebanyak 3000 batang. Sedangkan luas area perkebunan stroberinya Rudi, sekitar seperempat hektar dengan varietas unggulan, kalifornia dan Earlibrite.

“Karena usaha perkebunan yang sedang saya kembangkan belum diminati oleh banyak masyarakat di Kepahiang, berdampak positif. Bibit berikur buah stroberi saya cukup laris manis terjual,” ungkap Rudi.

Pelanggan bibit dan juga buah stroberi Rudi, disebutkannya terbanyak dari kalangan PNS. Untuk harga bibit dan buah, bervariasi dengan harga tertinggi Rp 2500 perbatang, Rp 7000 per ons. Dari sisi produksi stroberi Rudi ini, dirincikan setiap batangnya, bisa menghasilkan 1 ons buah, dan dalam satu minggu sekitar 300 kilogram.

“Jika mau ditotalkan untuk pendapatan dalam satu bulannya, sekitar Rp 2 Juta bahkan lebih,” singkat Rudi.(slo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5 × 2 =

News Feed