oleh

Warga Kaur Budidaya Lobster di Dalam Rumah

-Tak Berkategori-2 views
tempat budidaya lobster
tempat budidaya lobster

Kaur, Kupasbengkulu.com – Adanya larangan untuk menangkap lobster yang masih kecil dan yang sedang bertelur sesuai surat edaran dari Menteri Kelautan dan Perikanan nomor : 18/Men-KP/1/2015 dengan terbitnya SK Menteri Kelautan dan Perikanan RI nomor : 1/Men-KP/2015 beberapa waktu lalu, maka salah satu warga Kabupaten Kaur di Desa Sekunyit membuat sebuah tempat untuk menampung udang lobster yang masih kecil untuk budidaya.

Tempat budidaya ini menyerupai kolam-kolam yang berada di dalam rumah. Di sini juga warga bisa menitipkan udang yang terkena jaring dan masih kecil untuk dibesarkan sebelum dijual. Namun saat ini belum difungsikan dan masih dalam proses perlengkapan alat, sementara tempat budidaya sudah selesai.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Yetminson melalui Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perikanan Elyan Jumedi mengatakan pihaknya sangat mendukung dengan kreativitas masyarakat, namun tetap saja melarang warga mengambil udang sesuai ketentuan yang berlaku yakni yang boleh diambil lobster ukuran panjang kerapas diatas 8 cm, berat 200 gram.

“Kita sangat mendukung kreativitas masyarakat, namun tetap melarang warga untuk menjual udang yang masih kecil atau tidak sesuai dengan aĆ¾uran yang berlaku. Dengan begitu artinya mereka punya peluang usaha, apalagi letaknya didalam rumah, yang lebih mudah untuk mengontrol perkembangan budidayanya,” ungkap Elyan. (mty)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 × 3 =