Home » TRAVELISTA » TRAVELING » Air Terjun Ini Memiliki Tiang dari Batu

Air Terjun Ini Memiliki Tiang dari Batu

by Yasrizal

Air Terjun Batu Betiang

Air Terjun Batu Betiang

kupasbengkulu.com – Bila kita sudah biasa mengisi hari libur dengan bersantai atau berkumpul bersama keluarga di rumah, maka tidak salahnya bila kita mengisinya dengan melakukan kegiatan di alam terbuka, misalnya dengan berpetualang dan mengunjungi tempat-tempat wisata alam.

Salah satunya adalah dengan mengunjungi wisata alam Rejang Lebong yang menawarkan keindahan serta eksotisme yang dijamin memberikan kepuasan bagi kita.

Ada banyak pilihan objek wisata alam yang di tawarkan di kabupaten Rejang Lebong, Provinsi bengkulu. Seperti Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba di kecamatan Selupuh Rejang, pemandian Suban Air Panas, Danau Mas Harum Bastari dan masih banyak lagi lokasi wisata yang asik di kunjungi, tetapi rasanya belum lengkap bila kita tidak mengenal dan mengunjungi lokasi Air Terjun Batu Betiang yang berada tepat di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) atau sekitar 7 km dari Dusun Merasi Desa Babakan Baru Kecamatan Bermani Ulu Raya atau 25 km dari kota curup.

Ada banyak keindahan yang ditawarkan pada Air Terjun Batu Betiang ini, selain keindahan alam dan kejernihan airnya yang belum tercemar sehingga dapat langsung diminum.

Air terjun batu betiang juga menawarkan eksotisme lain yakni, hamparan dinding batu yang menghiasi bentang alam Air terjun yang menyerupai balok-balok kayu yang tersusun rapi sehingga terlihat indah.

Konon menurut sebagian masyarakat batu betiang itu merupakan peninggalan sipahit lidah, yang sengaja membangun susunan batu yang menyerupai pinggir candi itu, tapi belum selesai bangunan itu, anak dari sipahit lidah meninggal, sehingga proses pengerjaan batu betiang itu terhenti.

air terjun batu betiang1

Dan hingga saat ini belum diketahui apakah Batu-batu pada dinding itu murni terbentuk karena alam, atau pun terbentuk karena tangan manusia.

Sehingga menjadi misteri tersendiri dan tentunya menambah rasa penasaran setiap orang yang pernah mengunjunginya untuk kembali ke lokasi air terjun ini.

Agar dapat mengunjungi lokasi air terjun, setiap pengunjung harus terlebih dahulu melapor kepada petugas di Balai TNKS Bidang Pengelolaan Wil III Provinsi Bengkulu-Sumsel yang beralamat di Jalan Sukowati, Curup, Kabupaten Rejang Lebong, hal ini karena lokasi air terjun yanga terdapat di dalam kawasan hutan TNKS.

Selain itu, untuk mencapai lokasi tersebut, pengunjung harus menempuh jalur darat dengan berjalan kaki dan menelusuri perkebunan rakyat dan hutan.

Setidaknya ada 2 jalur yang dapat di lalui dengan tingkat tantangan medan yang berbeda juga, pertama melewati jalur TNKS resort Bukit Reges, yaitu masuk dari Hutan Madapi TNKS desa Pal VIII Kecamatan BUR. Dari sana wisatawan akan melewati perbukitan yang terjal dan hutan mahoni serta Pinus.

Perjalanan jalur pertama ini sendiri akan menempuh jarak sekitar 8 km diharapkan jika melewati jalur pertama ini, sebaiknya wisatawan menggunakan jasa Guide (Pemandu) wisata yang benar-benar menguasai iklim, medan perjalanan. Karena jalur perjalanan yang sulit.

Sementara untuk Jalur yang kedua yaitu dari Dusun Merasi Desa Babakan Baru Kecamatan BUR. Berbeda dengan jalur pertama, jalur ini lebih mudah bahkan dapat dilalui dengan mengendarai sepeda Gunung dan sepeda motor trail. Karena jalur yang dapat ditempuh sekitar 6 km itu merupakan jalan sepeda motor trail yang biasa digunakan untuk mengeluarkan hasil perkebunan oleh warga setempat.

Dari jalur-jalur yang ada, tentunya kita tinggal memilih jalur yang akan kita tempuh, tergantung dengan kesiapan dan keinginan kita. Yang setiap jalurnya menawarkan sensasi petualangan yang berbeda. (one)

You may also like

Leave a Comment