Minggu, Januari 16, 2022

Pesona Alam Kota Baru Santan Ikon Pariwisata Baru di Provinsi Bengkulu

Baca selanjutnya

Kupas Traveling – Banyak tempat-tempat wisata di Bengkulu yang menawarkan pemandangan yang indah dan menarik dengan fasilitas yang beragam. Salah satunya di Kabupaten Lebong yang memiliki beberapa tempat wisata yang menawarkan pesona keindahan alam yang memukau.

Desa Kota Baru Santan Kecamatan Pelabai Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu, memiliki tempat wisata alam yang tidak kalah saing dengan tempat wisata lainnya di Kabupaten lebong.

Tempat wisata alam Kota Baru Santan ini menampilkan keindahan alam yang sangat memukau dengan pemandangan alamnya yang masih terbilang murni dan alami, belum terjamah oleh siapapun. Ditambah lagi dengan adanya air terjun Tik Butau 9 lapis yang melengkapi kecantikan pesona alamnya.

Lokasi wisata alam ini berada di Kawasan Hutan Lindung Desa Kota Baru Santan Kecamatan Pelabai Kabupaten Lebong. Selain memiliki alam yang masih asri dan murni, kesejukannya mampu menghipnotis para traveling untuk datang dan datang kembali.

Dalam mengelola tempat wisata ini, Pemerintah Desa telah mengikuti aturan yang berlaku dengan pihak-pihak terkait, agar terjaga kelestarian alam yang ada di tempat wisata ini. lebih lanjut, Pemerintah Desa Kota Baru Santan untuk memperkenalkan pariwisata alamnya dengan mengadakan promosi kepada para wisatawan baik lokal maupun asing, melalui media maupun melalui medsos dan bekerja sama dengan pihak Kabupaten Lebong maupun Provinsi Bengkulu.

Disamping keindahan alam yang sangat memukau, Pemerintah Desa juga memperkenalkan Budaya Lokal dan memperdayakan masyarakat setempat untuk mengembangkan potensi alam untuk dikembangkan kearah ekonomi kreatif dalam bidang pariwisata, sehingga bisa menambah penghasilan bagi masyarakat setempat.

Kepala Desa Kota Baru Santan, Welistari, mengatakan dengan adanya tempat wisata di Desa Kota Baru Santan, diharapkan mampu memberikan Penghasilan Asli Desa (PAD) dan pemberdayaan ekonomi kreatif, sehingga bisa menjadi ikon pariwisata terbaik khususnya di Kabupaten Lebong mewakili Desa se-Provinsi Bengkulu.

“Dengan adanya pariwisata Wisata Kemping Geron Kudo Emas Kota Baru Santan, diharapkan mampu memberikan Penghasilan Asli Desa (PAD) dan  Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, sehingga kedepannya menjadi ikon pariwisata terbaik khususnya di Kabupaten Lebong Mewakili Desa Se-Provinsi Bengkulu.” kata Welistari.

Lebih lanjut, Welistari menyampaikan Pariwisata Alam di Desa Kota Baru Santan, telah diikutkan dalam lomba Desa Wisata yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat.

“Alhamdulilah, pariwisata Alam Desa Kota Baru Santan kedepannya mampu memenangkan lomba Desa wisata yang akan di selenggarakan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat ini, atas dukungan dari masyarakat Desa Kota Baru Santan khususnya dan umumnya masyarakat Kabupaten Lebong mendukung untuk berkembangnya pariwisata tersebut, dan mohon doa semoga pariwisata yang di lombakan mampu mengharumkan Kabupaten Lebong.” pungkas Kepala Desa.

Disisi lain, bicara soal Lomba Desa Wisata, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Irsan Setiawan menyatakan keantusiasannya dalam mendukung lomba Desa Wisata ini, salah satunya pariwisata alam yang ada di Desa Kota Baru Santan Kabupaten Lebong. Untuk itu, Ia berharap dengan adanya lomba Desa Wisata ini, kedepannya mampu menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Khususnya dari sektor pariwisata untuk masyarakat sekitar.

Editor: Irfan Arief

- Advertisement -

Jelang HPL Terbit, Pemprov Bentuk Tim 13 Atasi Pengelolaan Pantai Panjang

Kupas News – Pasca pelaksanaan gerakan bersih Pantai Panjang Bengkulu bersama Forkopimda dan organisasi masyarakat peduli kebersihan pantai, Pemprov Bengkulu kian memantapkan langkahnya kelola...

Gubernur Rohidin Kunjungi Universitas Al Azhar Indonesia Bahas Kerja Sama

Kupas News – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melakukan silaturahmi ke Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) di Jakarta. Berbagai hal dibahas dalam lawatannya pada Kamis...

Grand Opening Kafe Harsa Eat Terobosan Menu Andalan Unik di Bengkulu

Kupas News – Sebagian besar pelaku usaha kafe berlomba-lomba mengkreasikan desain tempat usahanya untuk menarik pelanggan. Terutama bereksperimen dalam sajian menu hidangan kemudian persaingan...

TP PKK Bengkulu Panen Melon Kualitas Premium

Kupas News – Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin panen buah Melon kualitas premium milik Toboponik NHK Bengkulu "Ikona Melon", yang dibudidayakan pada...

Pasca Konflik Plasma, LIRA Temukan Rapor Merah PT. Pamor Ganda di Jakarta

Kupas News – Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) baru saja merilis hasil penilaian pengelolaan lingkungan hidup perusahaan di Indonesia periode Tahun 2020-2021. Penilaian...

Terbaru