Jumat, Februari 23, 2024

127 KUB Nelayan Kampung Bahari Terima Bantuan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

127 KUB Nelayan Kampung Bahari Terima Bantuan Alat Tangkap Ramah Lingkungan

Tue, 12/19/2023 – 11:59

Swafoto Kadis KP Syafriandi bersama KUB Nelayan penerima bantuan alat tangkap semi modern ramah lingkungan di Kampung Bahari, Teluk Sepang, Kota Bengkulu, Selasa, 19 Desember 2023, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Pemprov Bengkulu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan Bantuan Alat Tangkap Semi Modern Ramah Lingkungan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan di Kampung Bahari, Teluk Sepang, Kota Bengkulu, Selasa, (19/12/2023).

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu, Danlanal, Polairud, Penyuluh Perikanan dan Koperasi Semi Modern (Semo) serta KUB nelayan penerima bantuan alat tangkap semi modern ramah lingkungan.

Bantuan alat tangkap semi modern itu diberikan kepada 127 KUB nelayan. Selain itu KUB nelayan juga mendapatkan materi teknis yang disampaikan oleh narasumber dari Balai Besar Penangkapan Ikan (BBPI) Semarang.

Kadis KP Syafriandi mengatakan materi teknis alat tangkap ramah lingkungan ini merupakan inovasi dari Jaring Trawl Ikan menjadi Jaring Hela Ikan berkantong. Jaring ini merubah bentuk dari semula berbentuk mata jaring Diamond menjadi Square Mesh (mata jaring kotak).

“Bantuan ini merupakan inovasi alat tangkap yang ramah lingkungan. Jaring bantuan ini nanti akan dimodifikasi oleh nelayan dari bentuk ketupat (diamond) menjadi berbentuk kotak. Selain itu para KUB nelayan juga mendapatkan materi teknis dari BBPI,” kata Kadis KP Syafriandi.

Syafriandi mengimbau, KUB nelayan penerima bantuan untuk tidak menggunakan alat tangkap jenis diamond kembali. Mereka diminta segera memodifikasi jaring trawl menjadi jaring hela ikan berkantong. Pihaknya, kata dia, akan melakukan monitoring dan evaluasi penerapannya,

“Tidak ada lagi alasan nelayan semi modern untuk tidak menggunakan alat tangkap ini. Karna alat ini mudah untuk dimodifikasi. Hal ini sesuai kesepakatan Pemprov Bengkulu, DKP, DJPT KKP per 1 Januari 2024 dan ini akan kita monitoring penerapannya,” ujarnya.

Sementara diungkapkan Jumri, salah satu nelayan penerima bantuan mengatakan rasa terima kasih kepada Pemprov Bengkulu khususnya DKP Provinsi yang telah membantu kelancaran para nelayan melaut dengan memodifikasi alat tangkap ramah lingkungan.

‘Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala DKP Provinsi Bengkulu yang telah memberikan bantuan alat tangkap semi modern ini. Bantuan ini sangat membantu kelancaran para nelayan disini.,” singkat Jumri.

Untuk diketahui, Provinsi Bengkulu menjadi provinsi pertama yang menerapkan modifikasi perubahan Mesh 1 inch bentuk diamond ke Mesh 2 inch bentuk kotak.

Editor: Iman Sp Noya

Artikel 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...