oleh

20 Ha Lahan Sengon dan Sawit di Kembang Seri Ludes Terbakar

Kebakaran Lahan

kupasbengkulu.com – Kebakaran lahan perkebunan milik warga, terjadi di Desa Kembang Seri, Kecamatan Bermani Ilir, Selasa (1/10/2014). Kobaran api yang diperkirakan dimulai dari pukul 13.46 WIB, membakar sekitar 20 hektar areal perkebunan komoditi tanaman sengon dan kelapa sawit, milik dua warga desa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepahiang pasca menerima laporan kebakaran tersebut, langsung mengerahkan seluruh unit armada mobil Pemadam Bencana Kebakaran (PBK) menuju ke lokasi kebakaran.

“Sampai saat ini kami masih berada di lokasi lahan yang terbakar. Api sudah membakar sekitar 20 hektar lahan perkebunan milik warga juga mengancam rumah penduduk ,” kata Kepala BPBD Kepahiang. Burlian, melalui Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi (RR), Musi Dayan.

Dari informasi yang diterima BPBD, pemilik lahan perkebunan yang terbakar itu, berasal dari dua desa, Muara Langkap dan Kembang Seri.

Diantaranya bernama Seroni, Pawi, Juhar dan Arif. “Kami akan berupaya keras memadamkan api ini, setidaknya tidak sampai meluas lagi hingga ke rumah penduduk. Itu harus kami upayakan lantaran jarak titik api dengan rumah penduduk hanya sekitar 200 meter lagi,” ungkap Dayan.

Mengenai sebab kebakaran dan jumlah kerugian yang dialami masyarakat, Dayan mengaku belum dapat memperkirakan, lantaran mereka masih difokuskan pada upaya pemadaman api.

“Kami belum dapat mengetahui sebab terjadinya kebakaran dan nilai kerugian yang diderita masyarkat. Kami sekarang ini terfokus pada pemadaman,” singkat Dayan.(cr11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed