Sabtu, Desember 3, 2022

4 Rumus Menuju Qolbun Salim (Hati yang Selamat)

Baca selanjutnya

Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhamdiyah Bengkulu, Surohim, S.Ag, M.Si.
Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhamdiyah Bengkulu, Surohim, S.Ag, M.Si.

kupasbengkulu.com – Sebagai umat muslim, kita tentu tidak asing dengan istilah “Qolbun Salim” yang sering disebutkan para ulama-ulama da’i.

Kata Qolbun salim berasal dari bahasa Arab yang secara bahasa berarti “hati yang selamat”. Makna dari hati yang selamat ini adalah hati yang senantiasa dibersihkan dari perbuatan-perbuatan dosa, sehingga menjadi hati yang diridhoi Allah dan jauh dari kegalauan akibat fatamorgana duniawi, serta menjadi golongan orang-orang yang selamat di dunia dan akherat.

Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhamdiyah Bengkulu, Surohim, S.Ag, M.S.I menyampaikan bahwa ada 4 metode yang ampuh untuk mencapai predikat Qolbun Salim (hati yang selamat) :

Pertama, Dzikrulloh (senantiasa berzikir kepada Allah, dengan cara mendirikan kewajiban-kewajiban agama seperti sholat, puasa, membaca Al-Quran, dan lain-lain).

kedua, Taubat dan istighfar (mohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang sudah terlanjur diperbuat, dan bertekad untuk tidak mengulanginya lagi).

ketiga, berbuat baik. Artinya, setelah kita bertaubat, hendaknya kita mengisi waktu kita yang ada dengan amal-amal kebaikan atau amal soleh.

ketiga, berpegang teguh pada agama Allah. Kita sebagai umat muslim harus berpegang teguh pada keimanan terhadap agama yang sudah kita yakini. kita harus berpedoman pada ajaran yang bersumber di dalam Kitab suci Al-Qur’an dan Hadis Rasulullah SAW.

Keempat, Ikhlas menjalankan perintah Allah. Artinya, setiap amal soleh yang kita kerjakan harus bermuara dari hati yang ikhlas, karena ikhlas adalah salah satu syarat diterimanya amalan-amalan kita.

“Maka dari itu, sebagai umat muslim, marilah bersama-sama berlomba-lomba menggapai predikat Qolbun salim melalui 4 metode ini. Semoga kita semua senantia mendapat petunjuk dan bimbingan dari Tuhan kita, Allah subhanahu wata’ala. Aamiiin,” pesannya saat menutup pengajian rutin di Masjid Alfarabi UMB pada hari Jum’at (9/5/2014) pukul 09.00 – 10.30 WIB.(cr2)

JMSI Tetapkan Tiga Pemenang Lomba Video Pendek Wisata Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bengkulu berkerjasama dengan BDF Creator menggelar lomba video pendek dalam rangka menyemarakan HUT Provinsi...

LIRA Bengkulu Surati Komisi I Panggil Manajemen PT. Pamor Ganda

Kupas News, Kota Bengkulu  – PT. Pamor Ganda hingga saat ini belum merealisasikan 6 poin kesepakatan atas pemenuhan tuntutan 3 desa penyangga. Kesepakatan ini...

Dua Pengedar Ganja Asal Kota Bengkulu Diringkus Polisi

Kupas News, Kota Bengkulu – Subdit I ditresnarkoba polda Bengkulu berhasil meringkus dua orang pengedar narkoba jenis ganja dengan barang bukti 10 paket ganja...

Petugas Damkar Berhasil Jinakan Api yang Melahap Tiga Ruko di Tanah Patah

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di Tanah Patah Kota Bengkulu, Kamis, 1 Desember 2022, Foto: Dok/Irfan Arief Kupas News, Kota Bengkulu - Peristiwa kebakaran...

Modus Politik Uang Melalui Dompet Digital pada Pemilu 2024

Oleh : Elfahmi Lubis* Ditengah persiapan teknis menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024, berbagai potensi kerawanan tengah diidentifikasi. Dengan harapan berbagai bentuk kecurangan pada Pemilu sebelumnya bisa...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru