oleh

Kapolres Anjurkan Anggotanya Bersedekah

Tampak anggota Polwan sedang melakukan Jumat Sedekah.
Tampak anggota Polwan sedang melakukan Jumat Sedekah.

Bengkulu Selatan, Kupasbengkulu.com – Program Jum’at Sedekah yang dilakukan Polres Bengkulu Selatan, mulai mengumpulkan pundi-pundi uang dari personil Polres, Jumat (20/05/2016).

Tujuan diadakan kegiataan dengan kerelaan hati disertai niat ikhlas ini, untuk membantu sesama.

Hal ini dilakukan sesuai dengan gagasan awal diadakannya Program Jum’at Sedekah, dalam rangka wujudkan kepedulian Polri, khususnya Polres Bengkulu Selatan, untuk membantu sesama.

Membantu fakir miskin, anak yatim, piatu, orang jompo dan orang-orang yang tidak mampu. Selain itu, program ini juga merupakan salah satu wujud dari rasa syukur dan niat tulus untuk berbagi rejeki dan kebahagiaan.

Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf melalui Waka Polres Kompol Erwin Harahap, memaparkan sedikit tentang makna sedekah.

Menurut Waka Polres, manusia itu adalah hamba yang lemah, banyak salah dan dosa. Karena itu beliau menghimbau, marilah kita selalu berusaha untuk mencari ampunan, untuk menghapus segala dosa-dosa.

Salah satunya adalah dengan bersedekah. Janganlah kita kikir dan pelit untuk bersedekah, karena hakikatnya semua yang kita miliki itu nantinya akan kembali kepada kita semua.

“Tidaklah sedekah itu mengurangi harta, dan tidaklah Allah menambah kepada seorang hamba, karena sifat pemaafnya, melainkan kemuliaan. Tidaklah seseorang tawadhu’ karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat kedudukannya,” papar Erwin.

Untuk Warga

Kompol Erwin Harahap mengutip Hadist Riwayat Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu. Kalau kita mengutip dari sebuah Hadist Riwayat At Tarmidzi yang dishahihkan oleh Al Albani menerangkan, “Sedekah menghapuskan kesalahan sebagaimana halnya air memadamkan api.

Dalam pelaksanaanya, Program Jum’at Sedekah ini intinya mengajak seluruh anggotanya yang beragama Muslim, untuk bergabung dengan cara menyumbangkan 2,5 Kg beras setiap minggunya, pada hari Jum’at yang diganti dalam bentuk uang.

Sebagai tindaklanjut dari hasil pengumpulan sedekah personil Polres tersebut, Polres Bengkulu Selatan akan merealisasikan hasil sedekah dalam bentuk melaksanakan Bedah Rumah warga kurang mampu dan tidak layak huni. Pemberian Beasiswa kepada anak kurang mampu, santunan kepada fakir miskin, anak yatim piatu dan orang-orang tidak mampu, serta kegiatan lain yang intinya dalam rangka membantu sesama.

“Sejauh ini sudah banyak personel yang berpartisipasi, sampai dengan Jum’at ini (20/05/2016). Alhamdulillah, sudah terkumpul Rp. 6.955.000.

Dalam waktu dekat uang tersebut akan kita gunakan untuk membantu sesama melalui Bhabinkamtibmas, dalam bentuk program bedah rumah, santunan dan beasiswa kepada anak-anak kurang mampu.

“Semoga dengan keikhlasan dan niat tulus, kita semua mendapatkan berkah, bisa mengurangi dosa-dosa kita serta tercapai semua hajat yang kita inginkan,” ujarnya. (ade)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed