oleh

Belasan IRT Tengah Padang Blokade Jalan

aksi Ibu Rumah tangga

kupasbengkulu.com – Belasan Ibu Rumah Tangga (IRT) Desa Tengah Padang Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah, Rabu (11/12/13), sekitar pukul 07.03 WIB protes. Aksi yang mayoritas digelar kalangan ibu-ibu tersebut, melakukan blokade jalan lintas Kembang Seri yang merupakan jalan penghubung ke Desa Air Sebakul Kota Bengkulu. Dengan menjemur pakaian ditengah jalan diatas seutas tali plastik. Akibatnya, arus lalu lintas saat itu menjadi terganggu.

Selain itu, dalam aksi yang berlangsung sekitar 1 jam tersebut, mendapatkan perhatian dari pengguna jalan. Bahkan, aksi tersebut juga mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian setempat.

Aksi yang tergolong nekat ini, digelar secara spontan lantaran jalan di desa tersebut rusak parah serta menimbulkan banyak debu. Saat dilintasi kendaraan roda empat dan dua. Terlebih lagi, saat ini banyak warga setempat khususnya kalangan anak-anak mulai terserang penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA).

saat aksi berangsung, kalangan IRT sempat bertengkar dengan pengguna jalan. Hal tersebut, IRT melarang pengguna jalan, baik dari kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua untuk melintasi jalan tersebut.

Tidak hanya itu, aksi ini juga sempat diwarnai adu mulut dengan Kades Tengah Padang. Pasalnya, kades meminta aksi blokade jalan ini segera dibuka.

Salah seorang IRT Desa setempat, Dewi mengatakan, IRT di Desa Tengah Padang meminta agar jalan ini dapat di Hotmix. Sebab dampak dari kerusakan jalan ini sudah munculnya wabah penyakit berupa ISPA yang dialami anak-anak.

Aksi blokade jalan tersebut, berakhir setelah Kades setempat berjanji akan melakukan penyiraman dan menemui Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd guna meminta solusi atas tuntutan IRT tersebut.

”Kami minta dari Pemerintah Provinsi Bengkulu, bisa mendengarkan aspirasi kami ini. Sebab, kondisi jalan rusak ini sudah lama dan sudah menimbulkan wabah penyakit,” harap Dewi didampingi Wati, IRT lainnya.

Secara terpisah, Kades Tengah Padang, MUhammad Hawi mengatakan, jalan lintas Kembang Seri – Air Sebakul ini merupakan jalan lintas yang menjadi tanggung jawab Provinsi Bengkulu.

”Dalam waktu dekat, kita dari perangkat desa akan menemui lagi Gubernur untuk meminta solusi yang terbaik atas kondisi jalan ini,” demikian Hawi.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed