oleh

Bengkulu Seleksi Jawara Pidato Kebangsaan Tingkat SLTA

Lomba Pidato
Lomba Pidato

kupasbengkulu.com – Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu dengan Dinas Pendidikan mulai melakukan seleksi “Lomba Pidato Bahasa Indonesia Tingkat SLTA se-Kota Bengkulu”, pada Rabu (26/02/2014) di aula gedung Diknas provinsi, untuk merebut tiket mewakili daerah ini menuju tingkat nasional.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi siswa dan guru agar lebih serius menangani dan membina siswa berbakat sehingga penggunaan Bahasia Indonesia lebih efisien,” ujar Halimi Hadibrata, panitia pelaksana lomba.

Selain untuk melatih penggunaan Bahasa Indonesia, kegiatan ini juga sangat penting untuk membangkitkan jiwa nasionalisme, khususnya di kalangan siswa.

“Ini sesuai dengan peran kami di Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu untuk melakukan pengembangan, pembinaan, dan perlindungan bahasa,” lanjutnya.

Bukan hanya Bahasa Indonesia, Halimi menekankan bahasa daerah juga harus tetap dipertahankan dalam pergaulan hidup sehari-hari, yang menjadi ciri khas dan kekayaaan budaya masing-masing daerah.

“Mudah-mudahan masyarakat jadi tahu dan berperan serta untuk menangani masalah kebahasaan, baik Bahasa Indonesia maupun bahasa daerah. Harapannya bahasa daerah bisa dikaji dan diberdayakan menjadi identitas daerah yang tidak terkalahkan fungsinya oleh bahasa lain, sehingga bahasa daerah tetap bisa eksis,” pungkas Halimi.

Pemenang dari lomba ini nantinya akan dibawa ke tingkat regional, yakni Pekan Bahasa, yang akan diselenggarakan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, menjelang Bulan Bahasa pada Oktober 2014 mendatang.

“Mudah-mudahan siswa dari Kota Bengkulu dapat menjadi pemenang tingkat regional Sumatera bahkan ke tingkat Nasional,” demikian Halimi. (Brm/Val)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed