oleh

Berbuka Dengan Buah Cempedak

cempedak
cempedak

kupasbengkulu.com – Bila anda sedang dalam perjalanan dari Bengkulu-Argamakmur, bolehlah untuk berhenti di pinggiran jalan, terutama di desa Pondok Kelapa dan Desa Harapan, kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Ada berbagai pedagang buah bercokol disana, dengan buah yang dijual antara lain, durian dan Cempedak.

Nah, buah Cempedak inilah yang akan kita bahas kali ini. Buah yang lekat dengan ciri khas yakni wangi yang begitu menusuk, bentuk yang mirip buah nangka namun lebih kecil dan rasanya pun manis.

Salah satu pedagang, Kosim (34) pada kupasbengkulu.com bercerita sedikit tentang buah yang disebut-sebut “adik” Buah Nangka ini. Dikatakannya, buah ini dijual seharga Rp 10.000 – Rp 25.000 perbuah. Membedakan harganya tentu dari besar ukurannya, untuk ukuran terkecil seharga Rp 10.000, ukuran sedang Rp  15.000 – Rp 20.000, sedangkan yang ukuran paling besar dijual Rp 25.000. Tentu, harga akan menjadi berbeda, kalau kalian pandai menawar harga.

“Kalau matang, ini sudah matang semua, hanya ukurannya saja yang berbeda,”terang Kosim.

Untuk kandungan vitamin, Cempedak ini juga gemuk akan nutrisi. Dalam 100 gramnya saja, sudah terkandung Vitamin A sebanyak 2 gram, vitamin B 0,01 miligram dan vitamin c sebanyak 15 miligram.

Selain itu, berdasar data dari Directorate Nutrition Department of Health, Cempedak juga mengandung Kalsium, Fospor, zat besi, karbohidrat, energi dan protein. Dengan kandungan seperti itu, jelas buah ini bisa menjadi menu berbuka yang baik. Karena segala kandungannya, bisa menggantikan tenaga yang dipakai selama seharian penuh.

“Kalau untuk kandungan, saya kurang tahu, tapi setahu kami, buah cempedak ini menu berbuka warga sekitar sini, hampir setiap hari,”jelas Kosim dengan jujur. (vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed