oleh

Diserang Hama Pianggang, Hasil Gabah Turun 50 Persen

puso
Areal persawahan di Kabupaten Bengkulu Selatan

kupasbengkulu.com – Ratusan Hektare (Ha) sawah di Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan di serang Hama pianggang. Hama itu menyerang tanaman padi saat buah mulai berisi dan saat menguning. Sehingga puluhan petani mengalami kerugian mencapai jutaan rupiah.

Diakui Wardi (57) warga Pagar Gading Kecamatan Pino Raya mengatakan, kondisi ini terjadi hampir setiap tahunnya. Terkait serangan hama sejenis pianggang itu, lanjut Wandi, petani dearah ini yang biasanya mendapat hasil mencapai 40 karung atau 4 ton per Ha, untuk tahun ini hasil yang di peroleh hanya sekitar 2,5 ton per Ha.

”Bagian buah padi yang terserang terlihat bercak-bercak hitam. Kalau sudah diserang dan timbul bercak hitam kecoklatan itu pasti buahnya akan ampau (mengempes atau hampa_ red) alias tak berisi lagi,” kata Wardi, Rabu (10/9/2014).

Lain lagi yang dialami petani asal Desa Karang Cahyo Wahin (58) mengaku, jika padi sawah di ataran Talang Mayan di serang hama Babi. Akibatnya, padi terancam gagal panen.

“Bukan di dalam desa saja ada ronda malam, untuk menjaga serangan hama babi terhadap tanaman padi, kami petani pada malam hari juga meronda malam untuk berjaga-jaga dan mengusir hama babi yang acap kali menyerang saat malam hari,” jelas Wahin menutup pembicaraan.(tom)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 − 3 =

News Feed