Senin, April 22, 2024

Dukung Program Pemutakhiran Data, Kepala Kantor Bahasa Temui Kadis Perpusda

Kupas News, Bengkulu – Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu (Kantor Bahasa) melaksanakan pertemuan lanjutan dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu terkait rencana pengembangan program Pemutakhiran Profil Komunitas Literasi Berbasis Multimedia, Selasa, (31/1).

Kedatangan Tim Kantor Bahasa yang terdiri atas Kepala Kantor, Koordinator Tata Usaha, Koordinator KKLP Pembinaan dan Bahasa Hukum, Koordinator  KKLP Literasi dan Koordinator Humas dan Kerja Sama diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpusda dan Kearsipan provinsi Bengkulu Meri Sasdi di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan itu, Kepala Kantor Bahasa, Dwi Lily Sukmawati menyampaikan bahwa ke depan, Kantor Bahasa dituntut untuk menggandeng pemerintah daerah dalam memberikan dampak kebermanfaatan lembaga Kantor Bahasa sehingga tercipta inovasi dalam penyelenggaran kegiatan.

Di samping itu, kata Dwi Lily, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memegang peran penting dalam peningkatan indek literasi masyarakat Bengkulu. Melalui program-program yang telah terpola dalam rencana pembangunan daerah, maupun nasional melalui Perpustakaan Nasional.

“Sehingga peluang ini yang seyogyanya dapat disinergikan oleh kedua lembaga yang diamanahkan untuk mengelola tingkat kecakapan literasi masyarakat. Terkhusus masyarakat provinsi Bengkulu,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan provinsi Bengkulu Meri Sasdi menyambut baik rencana kerja sama tersebut. Menurutnya hal ini sangat mungkin dapat dilakukan lantaran masing-masing lembaga memiliki tugas yang sama dalam peningkatan indeks literasi.

“Sama-sama mempunyai produk yang dapat dikolaborasikan seperti bahan bacaan, profil komunitas, dan kajian-kajian terkait tingkat kecakapan literasi siswa,” kata Meri Sasdi.

Lebih lanjut, dijelaskan Meri bahwa hal-hal seperti inilah yang dapat dijadikan data awal. Nanti, kata dia, bisa saja akan dibuatkan sebuah aplikasi sehingga data-data tersebut dapat tersaji dalam bentuk digital.

“Kami (Tim Perpustakaan dan Kearsipan Daerah) mendukung rencana kerja ini. Karena selama ini sangat sulit mendapatkan data yang valid terkait komunitas literasi terutama yang berada di wilayah kabupaten,” sebutnya.

Oleh karena itu, Ia mengharapkan kepada penyelenggara komunitas literasi, taman baca, TMB/PKBM yang belum terdata pada tahun lalu agar segera bersiap pada tahun ini. Yakni menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, sekurang-kurangnya adalah sturktur pengurus yang masih berlaku.

“Kami optimis, dari sini akan lahir Profil Digital Komunitas Literasi yang ada di Provinsi Bengkulu!,” harapnya kepada para pemegang kegiatan literasi.

Pada kesempatan ini, Meri Sasdi menayangkan beberapa data yang telah terkumpul pada tahun lalu. Data-data tersebut diarsipkan secara rapi oleh tim yang mengelola kegiatan tersebut dan akan ditambah dan dimutakhirkan pada tahun ini. [**]

Related

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri ...

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS   Tue,...

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman ...

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano Lancar

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano...

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada Seluruh ASN

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada...