Selasa, Mei 28, 2024

Gubernur Rohidin Jamin Kebebasan Umat Beragama di Bumi Rafflesia

Gubernur Rohidin Jamin Kebebasan Umat Beragama di Bumi Rafflesia

Sat, 04/20/2024 – 14:43

Gubernur Rohidin meresmikan Gedung Baru Vihara Rukun Maitreya Bengkulu di Jalan Hibrida Raya, Kota Bengkulu, Sabtu, 20 April 2024, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu berkomitmen Bumi Rafflesia menjamin kebebasan bagi seluruh umat beragama dalam membangun rumah ibadah serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh umat dalam melakukan ibadah.

Menurut Gubernur Rohidin Mersyah semua umat beragama itu sama baik Buddha, Kristiani, Hindu, Islam. Jadi rumah ibadah bukan hanya tempat untuk melakukan ibadah, namun bisa menjadi pusat kegiatan – kegiatan sosial, kegiatan kemasyarakatan, termasuk kegiatan kreativitas.

“Maka dengan berdirinya Vihara yang megah ini, ke depan diharapkan keimanan dan semangat beribadah umat Buddha makin baik, makin meningkat,”kata Gubernur Rohidin usai meresmikan Gedung Baru Vihara Rukun Maitreya Bengkulu di Jalan Hibrida Raya, Kota Bengkulu, Sabtu (20/4/2024).

Ia berharap kerukunan antar umat beragama di Provinsi Bengkulu tetap terjaga dan menjaga harmonisasi antar umat beragama. Gubernur Rohidin mengimbau masing-masing agama menjalankan ibadahnya sesuai tata cara agama itu sendiri.

“Kerukunan umat beragama makin tumbuh subur di Bengkulu, lebih jauh persatuan dan kesatuan semakin kuat. Kalau ritual ibadah itu adalah hubungan umat dengan tuhannya masing-masing, jadi silahkan kerjakan dengan cara masing-masing, di tempat ibadah masing-masing. Mari kita jaga, rawat harmonisasi antar umat beragama,” jelas Gubernur Bengkulu ke-10 ini.

Sementara Ketua panitia pembangunan Vihara Rukun Maitreya Sekya Hussy menceritakan proses pembangunan Vihara ini memiliki jalan panjang, berawal pada Mei 2021 mendapatkan IMB, kemudian lanjut proses pembangunan dimulai dengan pembongkaran gedung lama pada Juni 2021 dan pada Oktober 2021, acara peletakan batu pertama.

“Pada April 2024 ini seluruh proses pembangunan sudah dirampungkan dan siap digunakan. Untuk itu, ijinkan saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pemerintah Provinsi Bengkulu, pemerintah Kota Bengkulu yang mendukung pembangunan tempat ibadah ini. Begitupun kepada para donatur, sehingga bangunan ini dapat selesai dibangun dan difungsikan,” terang Sekya.

Peresmian Vihara Rukun Maitreya juga dihadiri Kapolda Bengkulu Irjen. Pol. Armed Wijaya, Kajati Bengkulu Rina Virawati, Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yudho Mewah Angkasa, dan Tokoh-Tokoh lintas agama Bengkulu.

Editor: Iman Sp Noya

Metropolitan 

Related

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap II

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap...

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM Berdaya Saing

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM...

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta ...

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas Ditolak Warga

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas...

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi SPBE

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi...