Selasa, Mei 28, 2024

Hasil Pertanian Jagung di Kepahiang Anjlok

<
Petani Jagung di Kabupaten Kepahiang

Kepahiang, kupasbengkulu.com – Hujan yang melanda sejak sebulan terakhir, berdampak buruk pada hasil pertanian maupun perkebunan warga di Desa Suro Muncar Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Seperti halnya, petani kacang tanah dan jagung.

Salah seorang petani Chaerli Lubis mengatakan, dimana pada panennya diawal tahun 2015 ini hanya mendapatkan separuh dari hasil-hasil panen disebelumnya.

“Biasanya hasil panen jagung yang kami dapatkan mencapai satu ton lebih. Untuk panen kali ini berkisar diantara 500 sampai 600 kilogram saja. Kalau hasil kacang tanah, dari 6 karung menjadi 3 karung,” ungkap Chaerli.

Merosotnya hasil panen kedua komoditi, jagung dan kacangnya kali ini, kata dia, diperkirakan oleh tingginya intensitas curah hujan sejak penanaman.

“Saya bisa perkirakan sebab – sebab menurunnya hasil panen karena dari segi pemeliharaan sudah terpenuhi semuanya, baik itu pupuk maupun kebersihan. Jadi, sangat dimungkinkan sebabnya oleh tingginya intensitas curah hujan yang terjadi selama tahun 2014,” kata Chaerli.

Untuk diketahui, luas area perkebunan jagung yang digarap Chaerli seluas 0,5 Hektare (Ha). Rata-rata hasil panen yang bisa diperoleh dalam kondisi cuaca normal mencapai 1,2 Ton.(slo)

Related

Semangat Warga Makmurkan Masjid Diapresiasi Gubernur Rohidin

Kupas News, Kepahiang - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapresiasi...

Janda Miliki Anak Sakit di Kepahiang Terima Bantuan Bedah Rumah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat melakukan peletakan batu pertama...

Polres Kepahiang Tangkap 3 Orang Pengedar Uang Palsu

Kupas News, Kepahiang - Tiga orang tersangka pengedar uang...

1,8 Juta Raib Usai Dijanjikan Jadi Agen Es Krim

Kupas News, Kepahiang – Team Elang Jupi Sat Reskrim...

Palsukan Facebook Sekda Kepahiang, ASN Dimintai Uang

Kupasbengkulu.com, Kepahiang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Zamzami...