oleh

Iklan Kampanye Berkarakter dan Santun

Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah, S.Pd, M.Si
Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah, S.Pd, M.Si

kupasbengkulu.com – Menyangkut pemasangan iklan di media elektronik Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bengkulu, mengingatkan setiap Calon Legislatif (Caleg) yang maju dalam pemilu tahun 2014 diingatkan untuk memasang iklan yang bermanfaat. Hal tersebut diungkapkan Ketua KPID Bengkulu, Fajri Ansori, SE.

Dikatakan Fajri, pemuatan iklan kampanye di radio dan televisi jangan sampai mubazir dan tidak mendidik. “Buatlah iklan yang berkarakter dan santun, tidak menjelekkan parpol atau caleg lain hingga terjadi gesekan sehingga iklan tersebut akan bermanfaat bagi caleg itu sendiri maupun pendengar atau penonton,” ungkap Fajri (Rabu, 29/1/2014).

Menurutnya, KPID memberi kesempatan pada parpol dan caleg yang ingin berkonsultasi terkait pembuatan iklan berkarakter dan santun, agar iklan yang akan disiarkan tersebut tidak melanggar ketentuan.

Sementara Ketua KPU Kota, Darlinsyah, S.Pd, M.Si mengungkapkan, hendaknya iklan yang dipasang tersebut mencantumkan visi dan misi yang jelas. Sehingga masyarakat yang sebelumnya berniat masuk golongan putih (golput), tergerak untuk memberikan suaranya.

Berdasarkan data KPU Kota, tingkat partisipasi masyarakat terhadap pemilu menurun. Hal itu terlihat pada Pemilukada Kota tahun 2014 lalu, dimana keseluruhan jumlah DPT, persentase masyarakat yang menggunakan hak suaranya hanya sebesar 60%. Sedangkan 40% sisinya, memilih untuk golput.

Untuk pemilu legislatif tahun ini KPU Kota menargetkan minimal 75% warga yang masuk DPT menggunakan hak suaranya. Salah satu upaya yang dilakukan KPU adalah menggelar sosialisasi pada masyarakat. Darlinsyah meyakinkan caleg mempunyai peran penting dalam mendongkrak partisipasi masyarakat untuk memilih.

“Iklan kampanye memang mempunyai sisi positif, tapi berdasarkan pengamatan dari pemilu sebelumnya calon dengan iklan terbanyak belum tentu mempunyai suara terbanyak. Karenanya, calon jangan terlalu banyak beriklan, lebih baik berinteraksi langsung pada masyarakat, agar mereka lebih mengetahui calon wakil rakyat yang akan mereka pilih,” demikian Darlinsyah.(beb)

 

 

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed