oleh

Ini Tips Mudik ala Junaidi Hamsyah

Ustadz Junaidi hamsyah memberikan sambutan sekaligus himbauan kepada seluruh napi malabero.
Ustadz Junaidi hamsyah memberikan sambutan sekaligus himbauan kepada seluruh napi malabero.

kupasbengkulu.com – Lebaran sebentar lagi. Mudik pun menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perayaan Idul Fitri. Gubernur Bengkulu, Junaidi Hamsyah, memberikan tips agar dapat melaksanakan mudik dengan aman, tenang, dan menyenangkan.

“Sebelum melaksanakan mudik, usahakan untuk mengunjungi tetangga terlebih dahulu. Di samping saling bermaafan, kunjungan ini untuk pamit dan menitipkan rumah yang akan kita tinggalkan selama mudik,” saran Junaidi, Selasa (14/07/2015).

Tips selanjutnya, selain menitipkan rumah dengan tetangga, ada baiknya untuk mengunjungi rumah Ketua RT setempat. Ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan dari warga sekitar kompleks sehingga rumah yang ditinggalkan tidak menjadi sasaran pencuri.

Kemudian, sebelum meninggalkan rumah pastikan untuk mengunci semua pintu, jendela, maupun pagar, bila perlu menggunakan pengaman ganda. Pastikan juga semua peralatan elektronik tidak ada yang terhubung ke arus listrik.

“Bila memungkinkan, minta keluarga terdekat untuk mendiami rumah kita selama ditinggal mudik. Jangan pelit juga untuk memberikan hadiah lebaran kepada orang yang dititipi rumah agar mereka merasa memiliki amanah menjaga rumah kita,” katanya.

Tips berikutnya, pastikan seluruh kelengkapan seperti KTP, SIM, STNK, ATM, maupun kartu kredit dibawa serta. Pastikan juga supir atau pengendara dalam kondisi fit agar mudik makin lancar.

“Jangan lupa juga bawa obat-obatan, seperti obat anti mabuk atau minyak angin untuk berjaga-jaga. Jangan bawa barang-barang yang tidak diperlukan, bawa seperlunya saja. Mudah-mudahan mudik selamat dan aman,” sarannya. (val)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed