oleh

Kunci Jawaban UN Bahasa Inggris Diduga Bocor

Kunci jawaban UN Bahasa Inggris Beredar lewat SMS
Kunci jawaban UN Bahasa Inggris Beredar lewat SMS

kupasbengkulu.com – Sejumlah SMS (Short Messege Service – red) yang diduga merupakan kunci jawaban soal Ujian Nasional 2014 tingkat SMA/ SMK sederajat beredar di Kota Bengkulu sejak hari pertama pelaksanaan UN.

Seperti yang terjadi hari ini, Rabu (16/04/2014), beberapa siswa mendapatkan kunci jawaban soal Bahasa Inggris, lengkap dengan imbauan bertuliskan: “Kirim kawan2 yg lain, ingat it yg listening..”

“Saya juga dapat kiriman, dengar kabar kunci jawaban ini dihargai Rp 50 ribu. Karena tidak boleh membawa ponsel ke kelas, jadi kunci jawabannya disalin terlebih dahulu,” ujar J, salah seorang penerima kunci jawaban.

Menanggapi hal ini, R. Wahyu Dharma Priatna, Ketua Panitia UN Provinsi Bengkulu, mengatakan setiap UN berlangsung, memang ada-ada saja yang menyebar kunci jawaban. Namun menurutnya kunci jawaban tersebut jangan sampai mempengaruhi para siswa karena tidak bisa dipertanggungjawabkan.

“Sebelumnya memang sudah diwanti-wanti kepada para siswa agar tidak percaya dengan kunci jawaban yang beredar. Kami menyayangkan masih ada oknum-oknum yang ingin memperkeruh suasana dan mengurangi kenyamanan dalam Ujian Nasional,” kata Wahyu.

Seperti diketahui, naskah Ujian Nasional terdiri dari 20 paket soal ujian. Wahyu mengatakan kemungkinan kebocoran soal sangat minim, bahkan bisa dikatakan tidak ada, sehingga diharapkan siswa tidak mengisi soal ujian dengan menyalin kunci jawaban palsu tersebut.

“Saya pastikan kunci jawaban tersebut tidak benar. Mudah-mudahan yang sudah menerima kunci jawaban tersebut tidak gegabah untuk menirunya,” pungkas Wahyu. (val)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed