oleh

Menikmati Sajian Lezat dan Keindahan Alam di Pantai Hili Kaur

pantai hili (1)
Pantai Hili di Kecamatan Semidang Gumay, Kabupaten Kaur

kupasbengkulu.com – Bagi Petualang yang menyukai keindahan alam seperti pantai, tentu tidak melewatkan fenomena manarik yang ditemukan di pantai.

Salah satu yang di tunggu-tunggu adalah keindahan sunset. Apalagi kalau sunsetnya langsung menghadap dan jatuh di tengah laut. Bagi yang menyukai keindahannya. Banyak pantai-pantai di Indonesia yang menghadap ke arah barat, jadi bisa mendapatkan fenomena yang bagus.

Nah, dibeberapa pantai di Provinsi Bengkulu. Banyak yang menghadap ke arah barat, salah satu yang sudah di explore adalah Pantai Hili di Kecamatan Semidang Gumay, Kabupaten Kaur. Walaupun sama garis pantainya. Namun, ada pantai yang menarik di Kaur, yang menyajikan makanan khas, yang bisa dinikmat dengan suguhan pemandangan pantai yang indah, di pantai ini.

Pantai Hili bercirikan dengan pantai yang memiliki batu disepnajang tepian pantai, dengan deburan ombak yang besar serta lambaian pohon yang nyiur ini dianggap sebagai tempat yang cocok dan tepat bagi Anda, yang ingin menepi diri dan menenangkan fikiran, menghindar sementara dari hiruk pikuk dan ramainya kota besar.

Sabtu sore, Jurnalis kupasbengkulu.com sengaja mengikuti keluarga sahabat ke kawasan wisata Pantai Hili, untuk piknik akhir pekan.

Sepanjang jalan menuju tempat wisata tersebut, berbaris pohon-pohon kelapa dengan daun yang menghijau, melambai-lambai terkena hembusan angin.

Tidak terasa 20 menit sudah perjalanan yang kami tempuh, sampailah di lokasi Pantai Hili, dengan hampar bebatu-batuan, dari yang kecil hingga batu-batu yang besar.

Kami pun memilih batu yang besar di pinggiran pantai, untuk tempat bersandar sembari menikmati indahnya pantai dengan hembusan angin sepoi-sepoi. Dengan memandang hamparan laut yang luas terlihat ombak-ombak kecil dengan halusnya menyapu pasir dipinggiran pantai.

Sebuah suara memanggil namaku, membuatku terbangun dari lamunan. Ternyata mereka sudah menyiapkan hidangan untuk makan siang, terlihat berbagai jenis sayuran dan gulai memenuhi tikar yang telah disediakan.

pendap
Hidangan khas Kaur, Pendap

Mataku tertuju pada sebuah hidangan khas Kaur yakni pendap, yang membuat perut ini terasa lapar dan itu sangat menggugah selera kita untuk segera mencicipi pendap ini.

Mungkin jika masyarakat Provinsi Bengkulu, tidak asing mendengar nama Pendap. Di Kabupaten Kaur banyak sekali yang bisa membuat pendap, namun yang rasanya enak itu hanya sedikit saja yang bisa memasaknya.

Namun diluar Provinsi bengkulu tentu anda bertanya-tanya dan penasaran apa itu Pendap? dan bagaimana rasanya?. Pendap merupakan jenis sayuran dari daun talas.

Untuk bumbu itu terdiri dari rempah-rempah gulai dicampur kepala parut dan dibuat dengan rasa yang pedas, dan diberi daging ikan untuk menambah kelezatannya, dan setelah itu baru di bungkus dengan beberapa daun talas, dan dibungkus lagi dengan daun pisang kemudian dikukus.

Tidak menunggu tawaran dua kali kami sudah memegang sepiring nasi, dan ternyata mata kami tertuju pada sayuran yang sama yakni pendap.

Hemm… Rasanya sangat gurih dipadu dengan kelezatan bumbu-bumbunya yang gurih dan pedas.

Tak terasa hidangan pendap sudah habis dan tersisa hanya daun-daun pisang pembukus pendapnya.
Sungguh pengalaman yang sulit dilupakan!

Penulis : Menti Saputri, Kabupaten Kaur.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed