oleh

Menantang Nyali di Perut Bumi bersama Wabup Bengkulu Selatan

Gua Suruman
Gua Suruman

kupasbengkulu.com – Objek wisata Gua Suruman di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kedurang  Bengkulu Selatan, cukup menarik untuk dikunjungi. Gua tersebut terjadi alami dan bukan dibuat menggunakan tangan manusia. Untuk sampai ke gua Suruman sekarang ini harus berjalan kaki sektar 1 jam dari tempat parkir kendaraan.

Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Rohidin Mersyah, bersama Istri dan rombongan yang di temani kades Batu  Ampar dan Kades Lubuk Resam, penasaran mendengar cerita tentang Gua Suruman itu, Rabo (14/5/2014), bertolak menuju ke lokasi gua.

Di dalam gua itu, terdiri beberapa sekat dan  terowongan, saat ini keadaannya masih betul-betul alami, dan tidak tertata rapi. Apabila kita masuk kedalam gua, di dalamnya terdapat banyak tumpukan batu napal, ribuan burung walet dan burung seriti, serta kelelawar dan ular piton yang menghuni Gua Suruman tersebut, ular itu tidak mengganggu, asal kita tidak mengganggunya, kata kades Lubuk resam yang ikut bersama rombongan, Sudi Harsono, berbisik kepada wartawan kupasbengkulu.com, saat mau mengambil gambar ular yang nempel didinding Gua.

pintu masuk Gua Suruman
pintu masuk Gua Suruman

Untuk masuk ke dalam gua, kita perlu bantuan cahaya lampu senter sebagai penerangan, karena didalamnya cukup gelap. Gua ini tidak buntu, alias dari lobang pertama kita masuk tembus ke hulu, dan bisa keluar lewat hulu gua tersebut. Gua Suruman ini, di dalamnya cukup luas, lebar gua kira-kira 15 M dan panjang mencapai 100 M.

Jalan menuju lokasi gua tidak terlalu sulit, hanya saja jalannya masih setapak dan di penuhi semak belukar. Untuk sampai ke lokasi gua, dari jalan aspal raya kedurang-seginim, kalau berjalan kaki menempuh jarak sekitar 2 km, dan hitungan 2 jam,  sekarang ini harus menyeberangi 2 sungai, pertama aliran anak sungai Kedurang dan sungai air kedurang besar.

Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Rohidin Mersyah bersama awak media menyusuri Gua Suruman
Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Rohidin Mersyah bersama awak media menyusuri Gua Suruman

Di lain pihak, Wabup Bengkulu Selatan, Rohidin Mersyah, usai penelusurannya ke dalam gua, dia mengatakan, “Gua Suruman ini, mantap, cukup bagus dan cukup potensi di kembangkan untuk tempat wisata. Tinggal penataan lagi, seperti jalan dan jembatan akses menuju gua, dan di dalam gua nantinya bagus di pasang lampu penerangan. Ini adalah suatu aset daerah yang cukup berpotensi, saya yakin gua Suruman ini kalu di tata rapi akan banyak menguntungkan, khususnya masyarakat sekitar dan bahkan luar daerah Bengkulu Selatan pun pasti banyak yang berkunjung ke sini, nanti akan kita usahakan pendanaanya dan kita fasilitasi,”  kata Rohidin. (tom)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

fifteen − three =

News Feed