Selasa, Maret 5, 2024

Ngutang Pembuatan Sertipikat, Gedung Baru Perpusda Seluma akan Diresmikan Maret 2024

Ngutang Pembuatan Sertipikat, Gedung Baru Perpusda Seluma akan Diresmikan Maret 2024

Tue, 01/09/2024 – 15:21

Gedung baru Dinas Perpusda Kabuten Seluma, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Gedung baru Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu pada awal bulan Maret 2024 mendatang akan dilakukan serah terima sementara atau Provisional Hand Over-PHO.

Gedung tingkat tiga yang menelan anggaran sebesar Rp10,5 miliar itu diduga pembuatan sertifikat lahannya masih terhutang. Lahan tersebut merupakan tempat fotocopy-an milik Herman Toto Simpang 6 Seluma, Kelurahan Talang Saling pada 2022 lalu.

Herman Toto mengatakan tidak hanya terhutang pembuatan sertifikat saja, namun pada pertengahan tahun 2022 lalu berlanjut dengan peminjaman uang untuk perjalanan dinas (DL).

“Awal mulanya pinjam untuk pembuatan sertifikat lahan perpusda senilai Rp1,5 juta dan berlanjut peminjaman uang untuk perjalanan Dinas sebesar Rp5 juta,” kata Herman Toto, (9/1/2023).

Herman menjelaskan peminjaman uang itu diminta langsung Kepala Dinas Perpusda Seluma. Ia mengaku telah berupaya mengingatkan akan hutang tersebut dengan mengunjungi kantor yang bersangkutan, namun hingga saat ini belum ada penyelesaian.

“Hutang dari tahun 2022 hingga kini 2024 tak kunjung dibayarkan. Alasannya selalu berkelit dan cuman melemparkan janji-janji saja untuk diselesaikan, namun tidak pernah ada penyelesaian,” sesal Herman.

Ia menyebut Dinas Perpusda terhutang Rp7.172.000 dengan piutang yang meliputi pembayaran pajak makan minum dan bon ATK. Mereka sempat berjanji akan melunasinya di 2023 lalu, namun nyatanya hanya dibayarkan seperempat dari nilai hutang.

“Jadi, total hutang yang harus dibayar kemarin sebesar Rp7.172.000, sementara baru dibayarkan seperempatnya. Oknum Kepala Dinas melalui bendahara hanya melakukan dua kali pembayaran yakni 1.4 juta dan 1 juta, kemudian sisanya belum dilunasi,”  bebernya.

Sementara terkait itu, Kepala Dinas Perpusda Kabupaten Seluma Marhakidinata saat dikonfirmasi enggan berkomentar banyak, namun dipastikan hutang tersebut bakal dibayarkan.

Reporter: Deni Aliansyah Putra

Seluma 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...