oleh

Organisasi Drummer Indonesia Gelar Festival Musik Dol di Bengkulu

kupasbengkulu.com – Drumer Ekki Soekarno (52) bersama organisasi pemain drum Indonesian Drummers akan menggelar Festival Musik Dol di Bengkulu pada 23-24 Agustus 2014. Bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia, festival akan digelar di Auditorium RRI Bengkulu.

Dol adalah perkusi tradisional Bengkulu yang menurut Ekki perlu diperkenalkan kepada kaum muda.

“Bahan bodinya dari batang pohon kelapa. Biasanya dipilih pohon kelapa yang usianya sudah lebih dari 30 tahun,” kata Ekki.

Festival ini terbuka bagi pelajar, mahasiswa, sanggar seni, dan masyarakat umum tanpa batasan usia. Peserta tidak diperkenankan menggunakan instrumen musik non-akustik atau musik elektronik.

Acara tersebut juga akan menyuguhkan penampilan kolaborasi Indonesian Drummers (ID), Ekki Soekarno, Konde Samsons, Dol Arastra Bengkulu, serta Solo Bepe Djembe.

Festival Musik Dol di Bengkulu merupakan bagian dari upaya ID untuk menghidupkan perkusi tradisional Indonesia. Menurut rencana, setelah Bengkulu, Ekki dan kawan-kawan akan mengelar festival tambur di Gorontalo, Tomohon, dan Manado.

“Golnya adalah membuat museum perkusi Indonesia,” kata Ekki.

“Indonesia kaya akan musik perkusi, tetapi tidak banyak yang tahu. Generasi kini harus tahu perkusi di Tanah Air,” kata Ekki.

sumber: kompas.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

twenty − 8 =

News Feed