oleh

Panwaslu Tak Bisa Turunkan Spanduk Kemenangan Prabowo-Hatta

spanduk ucapan kemenangan Prabowo-Hatta
spanduk ucapan kemenangan Prabowo-Hatta

kupasbengkulu.com – Meski hasil Pilpres 9 Juli lalu baru akan diputuskan oleh KPU RI pada 22 Juli mendatang, namun spanduk kemenangan tim Prabowo-Hatta telah bertebaran dimana-mana. Di Kota Bengkulu spanduk tersebut terlihat di Simpang Empat Pantai Panjang, Simpang Lima Ratu Samban, Simpang Skip, Simpang Padang Harapan dan Simpang KM 8.

Menanggapi hal itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bengkulu, Ir. Sugiharto ikut menyesalkan pemasangan spanduk tersebut, hanya saja menurut Sugiharto pihaknya tidak memiliki wewenang untuk menurunkan spanduk tersebut.

“Kami tidak punya dasar hukum untuk menertibkan spanduk itu, karena di PKPU maupun Undang-undang Pilpres disebutkan, bahwa kami hanya wajib menertibkan spanduk atau atribut kampanye dalam tahap kampanye, tahap masa tenang dan pencoblosan. Kalau penertiban pasca pencoblosan dan penghitungan tidak disebutkan dalam peraturan itu,” kata Sugiharto.

Menurut Sugiharto, seharusnya tim pemenangan mematuhi instruksi dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditambah penegasan Plt. Sekda Provinsi Bengkulu dan Walikota Bengkulu, untuk tidak memasang sapnduk terlebih dahulu, karena dapat memancing konflik.

“Memang sebaiknya spanduk itu jangan dulu dipasang dulu, takutnya nanti terjadi konflik. Tapi berdasarkan penyisiran yang kami lakukan rupanya spanduk telah dipasang hampir di setiap persimpangan. Penertibannya menjadi kewajiban Pemerintah Daerah, karena bukan itu kewenangan kami,” pungkas Sugiharto.

Sementara sebelumnya, Wakil Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Kota Bengkulu, Asmawar Arfan, dengan tegas mengatakan bahwa itu adalah spanduk mereka dan setiap satu kelurahan mereka memasang dua spanduk kemenangan tersebut. Menurut mereka pemasangan spanduk itu tidak menyalahi aturan. Dengan sapnduk tersebut pihaknya hanya ingin menunjukkan bahwa Prabowo-Hatta menang dalam Pilpres kali ini.

“Hingga saat ini, kami masih unggul sementara dan menurut kami memasang spanduk itu adalah cara yang lebih santun dan elegan. Kami pun tidak bermaksud memancing emosi dari pendukung capres lainnya, tapi itulah bentuk ucapan rasa syukur dan sukacita kami dalam keberhasilan Prabowo-Hatta mengikuti Pilpres kali ini,” ujar Asmawar. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed