oleh

Pembubusan Tebat Besar Butuh Waktu Satu Minggu

pembubusan
Bengkulu Selatan, Kupasbengkulu.com– Pengeringan, pembubusan  Tebat Besar ke-21 dibuka lansung Bupati Bengkulu Selatan. Pengeringan saluran pembubusan di Desa Bandar Agung Kecamatan Pino, Kamis (21/04/2016).

Tebat yang telah berumur ratusan tahun itu, mempunyai luas 50 hektar dengan kedalaman enam meter. Dimulai pembubusan pertama kali di tahun 1957 dan hingga kini pembubusan tesebut telah dilakukan 21 kali ditambah hari ini.

Dalam acara itu hadiri Bupati Dirwan, Isteri Wabub, Danramil Masat Kapten Simatupang, Kadis Pertanian, Kapolsek Masat, Munawan, Kades Bandar Agung, dan 315 panitia tebat besar bersama masyarakat sekitarnya.

Bupati Dirwan meyampaikan dalam sambutanya,  memberikan janji kepada warga Bandar Agung. “Kedepan saya akan perbaiki jalan yang ada disini. Paling tidak jalan Hotmik. Pemerintah juga akan menangani tebat besar. Mungkin kedepannya nanti,  kita akan bangun vila di sekeliling tebat ini ” katanya.

Nantinya kepala sawit yang ada mengellingi tebat ini, akan kita ganti dengan pohon sengon saja, karena sawit tidak menjamin masa depan masyarakat. Kepala Sawit juga dapat mengakibatkan pemborosan air.

Dari Kelapa Sawit, lebih baik kita tanam sengon untuk kehidupan kedepan. “Saya telah sepakat dengan raja sengon di Jawa, akan mendirikan Pabrik triplek di Ulu Manak ini” ungkapnya.

Ketua Panitia Tebat Besak, Muktar menyampaikan, pembubusan ini memakan waktu satu minggu. Hasil ikannya nanti kita akan bagi kepada panitia 315 orang itu dan masyarakat. Kita juga akan bakar ikan bersama di area ini ” ungkapnya.(ade)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed