oleh

Pemda Kaur Inisiasi Pembuatan Kamus Bahasa Setempat

Sekretaris Dispendikbud Kaur Gunawarman
Sekretaris Dispendikbud Kaur Gunawarman

Kaur, kupasbengkulu.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Kaur melalui Sekretaris Dispendikbud Kaur Gunawarman mengatakan pihaknya akan membuat alfabet Kaur, supaya ada tuntunan dalam berbahasa daerah Kaur.

alfabet itu akan dijadikan sebuah kamus untuk memudahkan mempelajari bahasa Kaur dengan baik dan fasih. Dikatakannya bahasa Kaur terbagi beberapa bahasa tersebar di beberapa Kecamatan, yakni untuk daerah eks Kaur Utara, Kecamatan Nasal dan Kecamatan Kota Kaur Selatan dan sekitarnya. Untuk yang lainnya hanya berbeda beberapa ejaan saja, dan cara penekanan pada kata dalam kalimat.

Dalam bahasa Kaur ini perlu dipelajari, karena seiring berkembangnya zaman dan kemajuan tekhnologi yang saat ini sudah menyebar luas, maka bahasa kaur akan semakin terbelakang, contohnya sekarang, sudah banyak bahasa yang dulunya bahasa asli Kaur diganti dengan bahasa Nasional (Indonesia) dan bukan bahasa daerah lagi seperti kata ”kamar” yang seharusnya “bilik”.

Sedangkan untuk anak muda itu banyak yang dicampur adukan dengan bahasa internasional (inggris) contohnya kata “on the way” dan ”ok” serta banyak lainnya.

“Kita akan merencanakan untuk membuat alfabet bahasa kaur. Namun terlebih dahulu kita akan cari tahu apakah sebelumnya sudah ada alfabet Kaur apa belum?. Jika sudah ada kita hanya pembaharuan dan mengembangkannya. Namun jika belum, berarti ini merupakan PR buat kita untuk membuatnya,” ungkap Sekretaris Dispendikbud Kaur Gunawarman.

Untuk pembuatan alfabet ini dibutuhkan waktu yang cukup lama, karena tidak mudah untuk merumuskan sesuatu, dan perlu musyawarah antara pemerintahan daerah dengan ketua adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan pihak terkait lainnya.

Dikatakannya yang mendasar dalam bahasa Kaur itu adalah perlunya pemahaman antara penulisan dan pengucapannya. untuk pembuatannya nanti akan dihadirkan pihak terkait seperti dari tokoh adat tokoh masyarakat dan pihak BMA.

”Dalam waktu dekat kita akan membuat alfabet bahasa daerah Kabupaten Kaur. Yang tentunya dalam perumuannya akan dipertimbangkan dengan matang dan butuh waktu sehingga bisa terwujud dengan baik sesuai rencana,” pungkasnya. (mty)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

19 − one =

News Feed