oleh

Pemda Kepahiang Undang Arkeolog Uji Benda Purbakala

penggalian benda purbakala
penggalian benda purbakala

Kepahiang, kupasbengkulu.com – Menyikapi informasi temuan benda yang diduga sebagai peninggalan dari zaman purbakala, Pemerintah Daerah (Pemda) Kepahiang melalui Dinas Perhubungan Komunikasi Informasi Budaya dan Pariwisata (Dishubkominfo Budpar) akan mengundang pakar purbakala (Arkeologi).

Terkait: Heboh, Warga Temukan Benda Purbakala

” Saya baru mengetahui informasi temuan benda peninggalan purbakala di sebuah tambang pasir yang terdapat di desa kelilik Kecamatan kepahiang. Guna memastikan benda itu memang peninggalan dari zaman purbakala atau bukan, kita akan mengundang pakar purbakala yang ada di Provinsi Bengkulu,” sampai Kadis Hubkominfo Budpar Kepahiang, Zakaria Anwar, Kamis (26/3/2015).

Untuk rencana tersebut, lanjut Zakaria, pihaknya akan menggelar rapat dalam rangka membahas pihak-pihak terkait untuk diundang melakukan penelitian terhadap benda yang ditemukan oleh pekerja tambang milik mantan anggota DPRD Kepahiang Priode 2009-2014, Arbi.

“Untuk saat ini, boleh saja menduga benda-benda yang mirip dengan mata kapak, mata tombak dan kendi itu sebagai benda peninggalan di zaman purbakala. Untuk kejelasannya, kita harus melalui proses yang melibatkan ahlinya,” terang Zakaria.

Kendati demikian, Zakaria tidak menutup kemungkinan dari benda-benda tersebut adalah benda peninggalan purbakala. Terkait informasi temuan dengan kedalaman hingga 4-6 meter.

“Kemungkinan benda-benda itu peninggalan zaman purbakala tetap ada. Jika benar, itu bisa menjadi lokasi penelitian para arkeologi,” demikian Zakaria.(slo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

eleven + 20 =

News Feed