oleh

Pemdakab MoU dengan Investor dari Wonosobo

Pemdakab Bengkulu Selatan MoU dengan pengusaha asal Jawa Tengah.
Pemdakab Bengkulu Selatan MoU dengan pengusaha asal Jawa Tengah.

Bengkulu Selatan, Kupasbengkulu.com– Investor dari Wonosobo memenuhi janjinya berkunjung ke Kabupaten Bengkulu Selatan, untuk survei potensi lahan dan bahan baku pengolahan kayu lapis.

Kedatangan ini yang kedua kalinya. Sebelumnya, Tahun 2014 lalu, era Bupati Reskan Efendi, beliau juga telah survei lahan, namun belum ada kesepakatan dengan pihak Pemdakab.

Dalam rombongan pengusaha ini, Jumat (20/05/2016) kemarin, hadir Pakar Ahli Akur Komplek Profesor dari UGM, para Kadis, Kapolres, pihak kehutanan serta instansi terkait lainnya,

Bersama Bupati Dirwan Mahmud para rombongan pengusaha Wonosobo itu diajak menuju Desa Ulu Manna, Desa Sulau, untuk survei tanaman Sengon warga, dan survei pengolahan air kencing hewan dan kotoran hewan, sebagai bahan olahan awal.

Nantinya tanaman yang di kelola, akan diteliti oleh pihak UGM. Kerjasama ini nanti akan di berikan bibit dan dana pemeliharaan tanaman.

Lahan untuk tanaman Sengon ini nanti, rencananya akan di tanam di lokasi Hutan Tanaman Rakyat (HTR) di dua kecamatan, yaitu kecamatan Kedurang dan Ulu Manna, seluas 5000 Hektar.

Kecamatan Ulu Manna dan Kedurang akan di berikan bibit serta dana pemeliharaan.

Manfaatkan Lahan
Menurut Aryadi, Raja Sengon dari Wonosobo, Jawa Tengah, sekaligus Direktur Utama CV Mekar Abadi, dalam acara ekpos tentang pengelohan kayu lapis, di Gedung Pendopo Rumdin Bupati Bengkulu Selatan, Sabtu malam, mengajak warga masyarakat Bengkulu Selatan, yang mempunyai lahan belum dimanfaatkan, untuk menanam kayu Sengon sebagai bahan baku papan plywood.

Berdasarkan hasil survei tim dari CV Mekar Abadi sebelumnya, di Kabupaten Bengkulu Selatan cukup potensial untuk di tanami kayu Sengon, sebagai bahan baku kayu lapis nanti. Muda-mudahan saja, kerja sama ini dapat berjalan, dan akan kita dirikan pabrik pengolahannya nanti.

“Saat ini kita perataan dulu, nanti baru kita usahakan pembangunan pabrik. Saat ini cukup dua hektar saja untuk pabriknya,” ujarnya.

Smentara itu, Bupati Bengkulu Selatan, Dirwan Mahmud mengucapkan terimakasih kepada rombongan dari Wonosobo, Jawa Tengah yang telah memenuhi janjinya, untuk datang dan berkunjung di kabupten ini, dalam rangka survei lahan dan bahan baku papan plywood.

Di ceritakan Bupati Dirwan, dalam kunjungannya ke Kabupaten Wonosobo beberapa hari lalu, penanaman kayu sengon dan pengolahannya untuk papan plywood cukup menjanjikan.

Di harapkan, agar kerjasama ini nanti betul-betul dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan, dan dalam waktu dekat kerjasama ini nanti dapat terealisasi, sehingga nantinya dapat menunjang kehidupan masyarakat dan ekonomi kerakyatan di Bengkulu Selatan” harap Dirwan.(ade)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed