Sabtu, Mei 18, 2024

Pemkab Lebong Ambil Langkah Proaktif Atasi Bencana Banjir Bandang

Pemkab Lebong Ambil Langkah Proaktif Atasi Bencana Banjir Bandang

Tue, 04/16/2024 – 20:00

Bupati Kopli Ansori meninjau lokasi yang terdampak bencana banjir, Selasa, 16 April 2024, Foto: Dok/Kominfo Lebong

Kupasbengkulu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong mengambil langkah proaktif menanggapi bencana banjir bandang yang terjadi di sejumlah ruas wilayah di Kabupaten Lebong.

Pemkab Lebong telah menunjuk Kantor Camat Lebong Sakti untuk dijadikan sebagai dapur umum guna memenuhi pasokan makanan bagi korban banjir.

“Keputusan itu diambil sebagai upaya untuk memberikan bantuan makanan kepada warga yang terdampak banjir secara cepat dan efisien,” kata Bupati Kopli Ansori, Selasa (16/04/2024).

Menurut Bupati, langkah tersebut diambil untuk memastikan bahwa bantuan makanan akan berpusat pada lokasi yang ditunjuk sehingga kebutuhan makanan segera tersedia bagi para korban banjir.

“Kantor camat diharapkan dapat menjadi pusat distribusi makanan bagi warga yang membutuhkan, sehingga dapat membantu mengurangi dampak buruk dari bencana banjir saat ini,” ujar Bupati.

Bupati mengimbau kepada seluruh instansi terkait dan masyarakat agar bersama-sama memberikan bantuan dan dukungan baik secara moril maupun materil kepada para korban banjir.

Ia berharap instruksi yang diambil pihaknya dapat segera membantu meringankan beban warga terdampak banjir, sehingga mempercepat proses pemulihan pasca bencana.

“Langkah-langkah proaktif seperti ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam yang mungkin terjadi di kemudian hari,” tutup Bupati

Sekretaris Daerah, Mustarani Abidin menambahkan kebijakan Bupati tersebut diambil untuk memudahkan monitoring bencana dalam pengambilan keputusan salah satunya penunjukan Kantor Camat Lebong Sakti sebagai dapur umum.

Selain itu, kata Sekda Mustarani, administrasi pemerintahan untuk sementara waktu dilaksanakan secara mobile dengan sentral komando.

“Administrasi pemerintahan juga kami laksanakan secara mobile dengan sentral komando untuk hari ini di Kantor Camat Lebong Sakti sesuai arahan Bapak Bupati,” Demikian Sekda.

Reporter: Maya Fitria

Daerah 

Related

Cerita Ishak dengan Usaha Tahu Rumahan yang Kembang-kempis

Cerita Ishak dengan Usaha Tahu Rumahan yang Kembang-kempis ...

Bupati Kopli Larang Truk Batu Bara Melintas di Kecamatan Pinang Belapis

Bupati Kopli Larang Truk Batu Bara Melintas di Kecamatan...

Manajeman PT. DDP Bantah Telah Terjadi Konflik Agraria di Air Berau Estate

Manajeman PT. DDP Bantah Telah Terjadi Konflik Agraria di...

Bupati Kopli Anshori Hadiri Perayaan HUT Perpusnas RI di Jakarta

Bupati Kopli Anshori Hadiri Perayaan HUT Perpusnas RI di...

Idap Tumor Ganas, Remaja Asal Seluma Ini Butuh Uluran Tangan

Idap Tumor Ganas, Remaja Asal Seluma Ini Butuh Uluran...