Rabu, Desember 1, 2021

Pemprov Bengkulu Optimalkan Pemanfaatan Aset Daerah

Baca selanjutnya

Kupas News – Pemanfaatan aset pemerintah provinsi (Pemprov) Bengkulu kembali dibahas. Sekretaris Daerah (Sekda) Hamka Sabri menyampaikan pada rapat yang digelar di Ruang Rapat Rafflesia, bahwa Pemprov akan mengambil jalan pemanfaatan Mess Pemda dan Persada Bung Karno Provinsi Bengkulu menggunakan sistem sewa, Selasa, (28/09).

Menurut Hamka, sistem sewa merupakan salah satu cara dalam mengoptimalkan pemanfaatan Barang Milik Daerah (BMD).

Penyelamatan terhadap Mess Pemda dan Persada Bung Karno yang kurang terpelihara dengan baik ini tujuannya agar dapat segera memiliki manfaat bagi masyarakat Bengkulu serta menghasilkan pendapatan bagi daerah.

“Kita harus berani memutuskan agar perkara ini selesai. Suatu penghargaan kalau masalah ini selesai dengan kita,” tutur Hamka Sabri.

Sementara ditegaskan oleh Kepala Biro pemerintahan Provinsi Bengkulu Edie Hartawan, bahwa pemanfaatkan aset pemerintah daerah untuk dijadikan pendapatan dengan menggunakan pola sewa. Hal ini dikarenakan pola kerja sama akan memakan waktu cukup lama karena harus ada perusahaan dan investasi, sedangkan pola sewa bisa langsung ditaksir dengan periode waktu yang tidak terlalu lama.

“Rapat kali ini untuk melakukan kajian sekaligus pembentukan tim yang substansinya, pertama dalam rangka penyelamatan yang kondisinya saat ini kurang terpelihara. Kedua yaitu optimalisasi pemanfaatannya sesuai fungsi awal belum mencapai yang kita harapkan,” ujar Edie Hartawan.

Lebih lanjut, kata Edie, Pemprov sudah melakukan berbagai upaya dalam rangka kedua tadi yaitu penyelamatan dan optimalisasi pemanfaatan.

Penyelamatan ini, tambah Edie, tentu harus ada pemeliharaan dengan melihat kondisi sekarang seperti biaya pemeliharaan. Hal tersebut sudah direncanakan. Kemudian pemanfaatan dalam rangka peningkatan pendapatan daerah.

“Upaya ini sudah dimulai dari tahun 2010 hingga saat ini belum clear.  Mudah-mudahan denga tim yang terbentuk nanti akan dapat segera diselesaikan,” kata Edie.

Harapan ke depannya, tambahnya lagi, supaya ini bermanfaat dan mendapatkan hasil bagi pemerintah daerah untuk kepentingan rakyat.

Editor: Irfan Arief

Berikut Ini Motor “Offroad” Trail Terbaik Sepanjang 2021

Kupas News – Industri sepeda motor setiap tahunnya selalu mengembangkan berbagai inovasinya. Sudah pasti teknologi dan spesifikasi terkini yang diterapkan pada keluaran terbaru mereka....

Kemenaker RI akan Bangun UPTP di Bengkulu

Kupas News – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI akan membangun Balai Pelatihan Kerja (BLK) Pusat di Bengkulu. Hal ini merupakan program transformasi BLK menjadi Unit...

Polres Bengkulu Tangkap Pelaku Begal yang Terjadi di 3 Titik

Kupas News – Gabungan Opsnal Polres Bengkulu di back up anggota polsek Gading Cempaka dan anggota jatanras Polda Bengkulu melakukan penangkapan pelaku tindak pidana...

YPIB Dorong Integritas Semangat Gotong Royong dan Pendidikan Berkarakter

Kupas News - Revolusi mental merupakan salah satu cara kebijakan Pemerintahan Jokowi-Maaruf dalam mengusung visi besar Indonesia Maju. Melalui Kementerian PMK visi itu diterjemahkan...

Air Terjun Sengkuang Rekomendasi Tempat Piknik Hingga Swafoto

Kupas News – Air Terjun Sengkuang merupakan tempat wisata yang berada pada di ketinggian 1.786 mdpl terletak di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten...

Terbaru