oleh

Pencairan ADD Tak Terpengaruh Permendagri No 84

Ilustrasi
Ilustrasi

Kepahiang, Kupasbengkulu.com – Permendagri No 84 Tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, dipastikan tidak akan mempengaruhi peroses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Kepahiang, Tahun Anggaran (TA) 2016.

Pencairan tahap awal tetap sesuai target, paling lambat pada awal Juni mendatang.

“Permendagri No 84 dengan pasalnya yang menjelaskan tentang adanya tambahan perangkat desa yakni tiga Kasi, tidak akan mempengaruhi pencairan ADD tahap awal. Jika Perbub tentang itu belum ada, atau belum ditandatangani oleh bupati, otomatis alokasi untuk honor Kasi di desa itu belum dimasukkan ke ADD tahap awal,” jelas Kasi PAPK/D Sosbud BPMPPKB Kepahiang, A. Suhanda, Senin (09/05/2016).

Sehubungan dengan informasi itu, Suhanda meminta agar setiap Kepala Desa dan perangkat desa lainnya, tidak lagi mempersoalkan Permendagri No 84 dalam menyusun APBDes.

“Untuk tambahan perangkat desa dan kaitannya dengan honor mereka, dapat dimasukkan pada pencairan ADD di tahap berikutnya. Pastinya setelah ada Perbup tentang tambahan perangkat desa berupa tiga Kasi itu, pihak desa juga harus mengubah APBDes mereka. Tapi itu untuk pencairan ditahap berikutnya,” terangnya.

Terpisah, Kabid Pemerintahan Setkab Kepahiang, Syamsul Yahemi melalui Kasubbag Perangkat Daerah, Rahmat Subarkah menjelaskan, Perbup terkait Permendagri No 84 Tahun 2015 tersebut tengah dikoreksi oleh Bagian Hukum Setkab.

“Sudah disusun dan kita serahkan kebagian hukum untuk dikoreksi. Setelah dipastikan tidak memerlukan perbaikan, Perbup akan langsung ditandatangani oleh bupati,” jelas Rahmat.

Perangkat desa yang persisnya meliputi dari Kasi Pemerintahan, Kasi Pelayanan dan Kasi Kesejahteraan, akan dijabat oleh pejabat Kaur sebelumnya.

“Jadi, pemerintah desa dalam pengangkatan perangkatnya, bukan untuk Kasi melainkan pada Kaur,” kata Rahmat.(slo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed