Selasa, Mei 28, 2024

Peringati Hari Otonomi Daerah, Pemda Kaur Gelar Upacara di Halaman Setda Kaur

Peringati Hari Otonomi Daerah, Pemda Kaur Gelar Upacara di Halaman Setda Kaur

Thu, 04/25/2024 – 11:31

foto bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Kaur usai melaksanakan upacara peringati Hari Otonomi Daerah Ke-28 di Halaman Setda Kaur, Kamis, 25 April 2024, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Pemerintah Kabupaten Kaur menggelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28, Kamis (25/04/24). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah Ersan Syahfiri, upacara digelar di halaman Setda Kaur.

Sekda Kaur Ersan Syahfiri mengatakan Hari Otda kali ini mengambil tema Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat. Tema tersebut diambil berdasarkan arahan Mendagri Tito Karnavian.

Sekda menambahkan pengelolaan sumber daya alam di tingkat lokal dapat mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan demi menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

“Tema tersebut dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah dalam keberlanjutan pembangunan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup bagi generasi mendatang,” kata Sekda.

Otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan yaitu kesejahteraan dan demokrasi, dimana desentralisasi kesejahteraan diarahkan untuk memberikan pelayanan publik melalui berbagai inovasi dan pemanfaatan potensi sumber daya alam yang bijak dan berkelanjutan (sustainable).

“Selain mendorong percepatan perbaikan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam konteks ekonomi hijau, pemerintah daerah juga didorong mendukung program pembangunan nasional,” ujarnya.

Selain itu, otonomi daerah juga meliputi penanganan stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, peningkatan pelayanan publik yang berkualitas melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Di usianya yang ke 28 ini, Otda telah memberikan dampak positif, berupa peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kemudian Pendapatan Asli Daerah (PAD). Harapannya meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain- lain,” pungkasnya.

Upacara tersebut dihadiri oleh Bupati Kaur Lismidianto, jajaran Forkopimda, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Organisasi Wanita, Organisasi Kepemudaan dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemda Kaur. (Adv)

Reporter: Miko Apriansyah

Advertorial 

Related

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap II

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap...

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM Berdaya Saing

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM...

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta ...

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas Ditolak Warga

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas...

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi SPBE

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi...