oleh

Rawan Konflik, Pemkab Kepahiang Segera Tetapkan Batas Desa

Kabag Pemerintahan Setkab Kepahiang, Iwan Z Kurniawan

Kupasbengkulu.com, Kepahiang – Perselisihan atau konflik mengenai batas desa, disebut rawan terjadi di Kabupaten Kepahiang. Dalam mencegah atau meminimalisir potensi itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang segera melakukan penetapan dan penegasan batas desa.

“Kita akan tentukan batas desa, surat tentang penentuan batas itu sudah kita sampaikan ke desa- desa melalui camat masing – masing,” ungkap Kabag Pemerintahan Setkab Kepahiang, Iwan Z Kurniawan di ruang kerjanya, Jumat (05/05/2017).

Penentuan batas desa disebut sebagai salah satu prioritas dari Pemkab Kepahiang dalam meminimalisir bahkan mencegah terjadinya perselisihan atau konflik.

“Batas desa ini rentan menimbulkan konflik, ini harus segera kita selesaikan, batas desa harus ditentukan dengan dasar kesepakatan antara pihak desa yang berbatasan. Surat sudah dan kita mulai terjun ke lapangan sekitar Juni – Juli nanti,” ujar Iwan.

Batas desa di Kepahiang diakuinya sebagian besar masih berupa garis alam hingga ke Dana Desa (DD), dinilai sebagai salah satu faktor terjadi konflik mengenai batas desa.

“Setahu saya ada dua desa saja yang batasnya sudah diputuskan atau ada surat keputusan (SK Bupati,red), pastinya akan kita cek lagi. Tapi, batas alam atau garis alam yang masih menjadi pembatas itu rentan terjadi perselisihan, juga dengan dana desa, perlu pilar batas maupun penetapan dan penegasan,” demikian Iwan.(slo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed