Senin, April 22, 2024

ST2023 Diharapkan Mampu Meningkatkan Sektor Pertanian di Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Kepala BPS Provinsi Bengkulu mengatakan Pencanangan Sensus Pertanian 2023 untuk pembangunan pertanian Bengkulu menjadi gambaran komprehensif terkait kondisi pertanian di Provinsi Bengkulu.

“Sensus Pertanian ini memperkuat koordinasi berbagai informasi terkini terkait sensus pertanian tahun 2023. Hal ini guna menyampaikan langkah dan pemahaman akan sensus pertanian 2023,” kata Kepala BPS Provinsi Bengkulu Win Rizal dalam Rakor Pencanangan Sensus Pertanian (ST 2023).

Pencanangan ST2023 turut dihadiri Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Deputi Bidang Statistik Produksi, BPS Republik Indonesia, M. Habibullah, dan kepala BPS Provinsi Bengkulu, Win Rizal ditandai dengan pencanangan bersama leading sektor terkait di Kota Bengkulu, Senin, (22/05).

Sementara Gubernur Rohidin mengatakan, berdasarkan data sementara BPS, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Bengkulu berada pada angka 27 persen. Sisi lain jumlah penduduk di sektor pertanian berada pada angka 50 persen.

Kondisi tersebut menggambarkan bahwa tingkat produktivitas dari usaha tani di Provinsi Bengkulu masih belum standar. ST2023 diharapkan mampu menjadi rujukan dalam mengembangkan sektor pertanian di Provinsi Bengkulu.

“Bisa jadi memang dari industri pengolahan, added value dari komoditas pertanian kita juga belum tinggi, saya kira ini yang harus kita dorong, kita perbaiki berdasarkan hasil data dari BPS ini,” jelas Gubernur Rohidin.

Gubernur Rohidin juga mendorong partisipasi generasi muda di sektor pertanian. Karena, kata dia generasi muda merupakan usia produktif yang memilki akses terbuka untuk menggarap sektor pertanian.

Peluang ini juga sejalan dengan terus berkembangnya kebutuhan akan komoditas pertanian. Implikasinya sektor pertanian menjadi peluang ekonomi baru yang sangat menjanjikan untuk digarap kaum muda.

“Saat ini sudah mulai tetapi mungkin belum dalam jumlah banyak munculnya petani-petani milenial dengan penghasilan yang sangat menjanjikan,” tutupnya.

Editor: Alfridho Ade Permana

Related

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri ...

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS   Tue,...

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman ...

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano Lancar

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano...

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada Seluruh ASN

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada...