oleh

Tak Siap Bengkulu Batal Gelar UN Online

illustrasi
illustrasi

kupasbengkulu.com – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman mengatakan, enam sekolah yang telah dipersiapkan menyelenggarakan Ujian Nasional secara online batal terealisasi pada 2015.

“Ada enam sekolah yang kami siapkan, namun berdasarkan hasil verifikasi pusat dibatalkan, dianggap belum siap,” kata Atisar saat ditemui, Selasa 7 April 2015.

Sebelumnya, ada lima SMA/SMK di Bengkulu yang dipersiapkan melaksanakan UN online, yakni SMKN 1 Kota Bengkulu, SMKN 1 dan SMKN 2 Argamakmur Bengkulu Utara, SMKN 2 Kabupaten Kepahiang, SMKN 1 Bengkulu Selatan, ditambah satu SMP yaitu SMP Negeri 1 Bengkulu Selatan. “Sebelumnya enam sekolah ini nantinya akan menjadi pilot project UN online, untuk mempersiapkan UN online tahun depan,” ujarnya.

Atisar mengatakan untuk menghadapi persiapan UN online tahun depan secara keseluruhan, Dinas Pendidikan menyiapakan dana pengadaan fasilitas sistem online sebesar Rp 8,5 miliar. Pemerintah Bengkulu akan menyiapkan fasilitas UN pada tahun 2015, sehingga pelaksanaan UN online di semua jenjang pendidikan, terutama tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat dapat terealisasi pada 2016.

Fasilitas pendukung pelaksanaan UN online, menurutnya, salah satu hambatan sekolah untuk menggelar UN online secara keseluruhan pada tahun ini. Karena banyak sekolah belum punya komputer dan jaringan Internet yang memadai.

Ditambahkan oleh Ketua Tim Sekretariat Ujian Nasional Provinsi Bengkulu, Budiyanta, Provinsi Bengkulu belum memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang memadai untuk melaksanakan UN Online. “Apalagi katanya paling tidak waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan pelaksanaan UN online setidaknya enam bulan,” katanya.

Menurutnya tidak baik jika UN online ini tetap dipaksakan, karena dikhawatirkan akan mempengaruhi hasil ujian. “Jaringan dan server harus dipastikan benar-benar siap, begitu juga dengan siswa jika tetap dipaksakan akan mempengaruhi hasil ujian,” ungkapnya.

Sementara itu jumlah peserta UN SMP/MTs dan SMA/SMK di Bengkulu tahun 2015 tercatat sebanyak 56.887 siswa. Pelaksanaan UN tingkat SMA/SMK akan berlangsung pada 13-15 April 2015 dan tingkat SMP/MTs diundur menjadi 4-7 Mei mendatang. Jadwal UN tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK ini, sudah final dan tidak ada perubahan lagi.

tempo.co

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

5 × 2 =

News Feed