oleh

Tips Aman Mudik Gunakan Motor

illustrasi, sumber foto: harianterbit
illustrasi, sumber foto: harianterbit

kupasbengkulu.com – Mudik menggunakan sepeda motor memang menjadi idola masyarakat saat ini, disamping harga beli motor yang terjangkau, mudik dengan sepeda motor juga dianggap lebih hemat dan cepat dibandingkan menggunakan mobil ataupun kendaraan umum.

Namun tingginya angka kecelakaan bermotor pada arus mudik tahun 2013 yang mencapai angka 3.000 lebih menggambarkan bahwa risiko mudik dengan sepeda motor lebih besar dibandingkan kendaraan jenis lain.

kupasbengkulu.com memberikan tips bagi anda agar bisa mudik dengan sepeda motor dengan aman hingga anda bisa selamat sampai tujuan.

1. Perhatikanlah kesehatan anda: pastikan fisik dan psikis anda kuat dan stabil karena menggunakan sepeda motor membutuhkan cukup banyak tenaga, jika anda dalam kondisi kurang sehat hal ini dapat membuat perjalanan terhambat dan menghilangkan konsentrasi.

2. Bawalah barang secukupnya: sepeda motor memiliki batas muatan tertentu, jika anda mudik dengan barang yang berlebihan hal ini dapat membuat motor tidak stabil, hingga dapat memicu kecelakaan.

3. Periksalah motor dengan teliti: perhatikan kondisi ban, mesin, oli, rantai dan rem, bila perlu lakukan pengecekan bersama ahlinya, misalnya ke bengkel terpercaya. Pastikan pula motor anda memenuhi standar, yaitu memiliki mesin yang bagus, badan motor yang baik, spion yang lengkap, dan knalpot yang tidak berisik.

4. Jangan paksa tetap melaju saat anda lelah: istirahatlah di tempat yang aman atau di pos mudik yang disediakan pemerintah atau pihak kepolisian saat anda merasa butuh istirahat. Tetap berkendara saat lelah adalah tindakan yang memicu kecelakaan.

5 Gunakan pakaian standar aman menggunakan sepeda motor: pakailah helm standar, jaket, celana panjang dan sepatu. Bila perlu gunakan juga masker dan sarung tangan untuk perlindungan diri yang lebih baik.

6. Patuhi rambu lalu lintas: jangan mencoba untuk melanggar lalu lintas, karena pada arus mudik kepadatan jalan jauh lebih meningkat, bisa bisa anda akan tertabrak atau malah ditilang oleh pihak berwajib.

7. Waspada selalu: saat akan memotong kendaraan lain di depan anda pastikan tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan. Selain itu jangan memotong di jalanan yang tidak mulus, sebab bisa membuat anda justru terjatuh. Berhati hatilah pada beberapa tikungan tajam dan area rawan kecelakaan, pelankanlah laju motor anda saat melewatinya. Ingatlah untuk menggunakan klakson dan lampu sein anda pada saat dibutuhkan.

8. Bawalah beberapa perlengkapan untuk memperbaiki motor anda agar bila terjadi kerusakan ringan pada perjalanan anda dapat memperbaikinya.

Semoga bermanfaat dan perjalanan mudik anda lancar.(cr10)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed