oleh

UN SMA, 2.676 Pengawas Disiapkan

kupasbengkulu.com – Jelang Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat yang akan diselenggarakan pada 13 April 2015 mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu menyiapkan 2.676 pengawas dari sekolah-sekolah se Provinsi Bengkulu.

Hal ini seperti diungkapkan Ketua Panitia UN Dikbud Provinsi Bengkulu, Raden Wahyu Dharma Priatna, jumlah ruang kelas UN sebanyak 1.338 ruangan, di mana masing-masing diisi dua orang pengawas. Pengawas diatur dengan menggunakan sistem silang sekolah, dan tidak melibatkan pengawas dari pihak universitas lagi.

“Pengawas sudah disiapkan untuk masing-masing ruang ujian, disertai fakta integritas yang nantinya harus mereka tanda tangani,” ujar Wahyu, Jumat (10/04/2015).

Wahyu mengatakan hasil UN SMA nantinya akan langsung diserahkan ke Universitas Bengkulu (Unib) untuk proses pemindaian. Sedangkan untuk hasil UN SMK, paket C, ujian kimpetensi, dan SMP, akan langsung diserahkan ke Dikbud Provinsi Bengkulu.

“Selain itu pemantauan akan dilakukan oleh pihak dari Dikbud Provinsi Bengkulu, Dirjen pusat, juga dari universitas,” katanya.

Tidak hanya itu, Wahyu mengatakan nantinya peserta yang tidak lulus UN boleh melakukan perbaikan di tahun selanjutnya, dan hanya dilakukan untuk mata pelajaran yang tidak memenuhi standar saja.

“Diatur dalam POS UN, peserta yang tidak lulus nanti boleh memperbaiki mata pelajaran yang gagal saja dengan tidak mempengaruhi pendidikannya. Jadi walaupun setelah ini mereka sudah bekerja, tahun depan masih bisa mengikuti UN perbaikan lagi,” pungkasnya. (val)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

11 + nine =

News Feed