oleh

Warga Tionghoa Rayakan Cap Go Meh

Perayaan Cap Go Meh
Perayaan Cap Go Meh

kupasbengkulu.com – Masyarakat keturunan Tionghoa, Jumat (14/2/2014) merayakan Cap Go Meh 2565 / 2014. Menurut Pendeta Vihara Budyanan, Romo Tan Sun Lee, perayaan Cap Go Meh jatuh pada tanggal 15 bulan pertama tahun imlek.

Menurut tradisi masyarakat keturunan Tionghoa, Cap Go Meh sebagai akhir perayaan tahun baru Imlek yang jatuh pada 31 Januari lalu.

“Hari ini adalah perayaan Cap Go Meh, di Vihara Budayana puncak acara akan dilaksanakan jam 18.00 WIB sore nanti. Itu kegiatannya ada tiga, tepat jam 6 kami melakukan kebaktian dengan bersembahyang. Sementara jam 18.30 WIB ada santap malam bersama, kemudian ada atraksi barongsai,” jelas Tan Sun Lee.

Dikatakan Tan Sun Lee, tujuan digelarnya acara tersebut adalah sebagai wujud syukur dan doa harapan agar di tahun baru mendapat lebih banyak rezeki. Selain itu juga untuk menjamu leluhur dan sebagai sarana silaturahmi dengan kerabat dan tetangga.

Sementara, berbeda dengan Imlek yang menghidangkan seluruh makanan manis, pada perayaan Cap Go Meh makanan yang biasa disajikan adalah lontong dan onde-onde. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed