Sabtu, Desember 3, 2022

Yakin Foto Bokeh Anda Sudah Optimal?

Baca selanjutnya

Kupas Tips, Bengkulu – Sudah tahu Bokeh? Kalau belum tahu, Bokeh arti sederhananya adalah foto yang menampilkan latar belakang atau background blur atau samar. Tekhnisnya adalah menampilkan ruang tajam dan sempit atau yang biasa disebut dengan bahasa Inggris “Out of Focus Background”.

Beberapa Fotographer baik pemula maupun kawakan biasanya pada objek tertentu membuat pengaturan pada kameranya dengan latar belakang blur. Namun tidak semua objek foto di latar belakangi dengan blur.

Biasanya foto yang menggunakan pengaturan ini digunakan saat memotret yang diperankan oleh model. Bisa juga terdapat pada bagian belakang yang kurang support percantik isi gambar atau berantakan. Tentunya tekhnik bokeh ini menjadi solusi mengatasi latar belakang yang berantakan dengan komposisi yang lebih menarik.

Utamakan dapati background dengan corak yang ramai warna. Karena hal ini justru akan lebih mempercantik objek utama. Bokeh sendiri biasanya lebih optimal jika kita menyarankan obyek utama untuk lebih jauh posisinya dari latar belakang.

Karya berkualitas tidak harus didapatkan dari alat mahal. Namun alat mahal hanya menunjang sebatas kecepatan, kemudahan, dan penampilan. Fotographer cukup memperhatikan beberapa pengaturan yang terdapat pada kamera masing-masing.

Sayangnya masih banyak teman-teman fotografer yang belum tahu cara agar membuat bokeh yang optimal. Kebanyakan orang berpikir bokeh hanya bisa dihasilkan lensa diafragma lebar saja. Padahal tidak juga. Kalau tahu caranya, lensa Kit saja juga bisa lho buat bokeh.

Berikut 5 teknik utama agar “Bokeh” bisa optimal:

  1. Diafragma lensa di-set selebar mungkin, atau gunakan angka f/ sekecil mungkin. Misal spt f/5,6 pada lensa Kit atau f/1,8 pada lensa 50mm f/1,8.
  2. Zoom maksimum (angka mm lensa terbesar). Ini tidak berlaku untuk lensa fixed spt 50mm.
  3. Jarak kamera sedekat mungkin dgn obyek utama. Ini pentingnnya zooming, oleh sebabnya mengapa bokeh mudah dimunculkan saat motret benda-benda kecil dan lebih sulit dimunculkan saat motret benda besar (orang).
  4. Background sejauh mungkin dari obyek utama.
  5. Background bercorak ramai.
  6. Pastikan fokus benar-benar tepat pada objek. Gunakan digital zoom di “live view” kamera sebagai bantuannya.
  7. Hati2 dalam menggunakan diafragma terlebar (angka f/ terbesar) pada Lensa murah (non L series atau non ED) yg umumnya kurang tajam (soft) pada diafragma terlebar. Disarankan sempitkan One Stop dimaksud supaya lebih tajam tanpa korbankan “bokeh”.

Ketujuh teknik di atas jika diabaikan maka akan sia-sia melakukan pemotretan. Khusus pada DSLR full frame hasil bokeh justru lebih menghasilkan gambar kian cantik. Dengan lensa yang sama, kamera DSLR memposisikan kamera untuk lebih dekat ke obyek utama seperti penjelasan nomor 3.

Editor: Alfridho Ade Permana

JMSI Tetapkan Tiga Pemenang Lomba Video Pendek Wisata Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bengkulu berkerjasama dengan BDF Creator menggelar lomba video pendek dalam rangka menyemarakan HUT Provinsi...

LIRA Bengkulu Surati Komisi I Panggil Manajemen PT. Pamor Ganda

Kupas News, Kota Bengkulu  – PT. Pamor Ganda hingga saat ini belum merealisasikan 6 poin kesepakatan atas pemenuhan tuntutan 3 desa penyangga. Kesepakatan ini...

Dua Pengedar Ganja Asal Kota Bengkulu Diringkus Polisi

Kupas News, Kota Bengkulu – Subdit I ditresnarkoba polda Bengkulu berhasil meringkus dua orang pengedar narkoba jenis ganja dengan barang bukti 10 paket ganja...

Petugas Damkar Berhasil Jinakan Api yang Melahap Tiga Ruko di Tanah Patah

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di Tanah Patah Kota Bengkulu, Kamis, 1 Desember 2022, Foto: Dok/Irfan Arief Kupas News, Kota Bengkulu - Peristiwa kebakaran...

Modus Politik Uang Melalui Dompet Digital pada Pemilu 2024

Oleh : Elfahmi Lubis* Ditengah persiapan teknis menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024, berbagai potensi kerawanan tengah diidentifikasi. Dengan harapan berbagai bentuk kecurangan pada Pemilu sebelumnya bisa...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru