oleh

Yuk, Melepas Penat di Air Terjun Curug Burung Gendang Kepahiang

Curug Burung Gendang
Air terjun Curug Burung Gendang, di Desa Sukamerindu Kecamatan Kepahiang, Kabupaten kepahiang

kupasbengkulu.com – Bagi pelancong yang berasal dari kota besar, Provinsi Bengkulu merupakan destinasi tujuan untuk menghabiskan hari libur. Penat dengan segala macam aktivitas di kota tentu membuat wisatawan lebih memilih daerah-daerah, yang menawarkan pemandangan alam, bukan? Apa menariknya jika keluar dari gedung-gedung dan kemacetan, namun begitu sampai di kota tujuan eh keadaannya sama saja.

Namun, jika mau mampir ke pinggiran kota, pelancong bisa menikmati pemandangan alam luar biasa, di Air terjun Curug Burung Gendang, di Desa Sukamerindu Kecamatan Kepahiang, Kabupaten kepahiang adalah salah obyek wisata satu jalur dengan air terjun Curug Embun, yang ada di Desa Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai.

Meskipun air terjun satu ini tidak setinggi dan sebesar air terjun Curug Embun. Tapi, keindahannya akan dapat menarik banyak wisatawan jika terolah secara maksimal.

Untuk mengunjungi lokasi air terjun ini, pengunjung tidak sepenuhnya bisa menggunakan kendaraan bermotor, mengingat dari Desa Sukamerindu, hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Jaraknya cukuplah dekat, atau sekitar 3 sampai 4 Kilometer dari kota Kepahiang, dan hanya 550 meter dari Desa Sukamerindu.

Melalui jarak 550 meter ini pun, akan semakin terasa singkat, karena pemandangan sawah yang luas, akan memberikan suasana nyaman kepada setiap pengunjung sebelum sampai ke air terjun ini.
“Setibanya di jalan menurun, kami sarankan kepada pengunjung untuk sedikit berhati-hati.
Karena jalannya cukup licin setelah diguyuri hujan,” kata tokoh masyarakat di desa ini, Amir Hamzah.

Sedikit untuk diketahui oleh pengunjung, air terjun yang dinamakan Curug Burung Gendang, bukanlah tanpa memiliki makna atau arti bagi masyarakat setempat dulunya.

Sekilas diceritakan Amir, jika pemberian nama air terjun tersebut berdasarkan legenda makhluk aneh yang ditemukan pertamakalinya oleh salah seorang warga saat menyelam ke dasar air sungai. Rupa makhluk aneh yang dimaksudkan, berkepala mirip kepala burung dan berbulu seperti landak.

“Dari temuan warga itulah, air terjun itu dinamakan curug burung gendang,” singkat Amir.

Nah, itu dia sedikit perjalanan seru dan menantang ke Air Terjun Curug Burung Gendang Kepahiang. Kalau Anda memiliki jiwa petualang dan suka dengan wisata alam yang memacu adrenalin, maka obyek-obyek wisata di Kepahiang dijamin dapat menjadi solusi.

Penulis : Yopa Mulyansyah, Kabupaten Kepahiang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed