Home » IPTEK » Bagaimana ICT Pura di Bengkulu ? Bagian II

Bagaimana ICT Pura di Bengkulu ? Bagian II

by Kupas

Sastya H. Wibowo, S.Kom, M.Kom

Sastya H. Wibowo, S.Kom, M.Kom

Penulis : Sastya H. Wibowo, S.Kom, M.Kom

Sejak tahun 2011 untuk pertama kali ICT Pura di selenggarakan, ada 5 (lima) kota/kabupaten yang dipilih oleh perwakilan sejumlah komunitas TIK sebagai konstituen perdana Program ICT Pura di tahun 2011 di Provinsi Bengkulu, yaitu : Kota Bengkulu, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Selanjutnya di tahun 2012 ada 5 (lima) kabupaten lagi yang dipilih dalam program ICT PURA 2012 yaitu Kabupaten Kaur, Kabupaten Seluma, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Benteng dan Kabupaten Bengkulu Utara. Sehingga di tahun 2013 seluruh kota/kabupaten di Provinsi Bengkulu sudah akan dilibatkan dalam proses pemetaan Program ICT pura dan tidak ada lagi kota/kabupaten yang belum terdeteksi data atau informasi terkait dengannya.

Berikut contoh Kabupaten Rejang Lebong yang telah di petakan kedalam ICT-Pura dan mendapat penghargaan i-mula (kabupaten yang siap menghadapi masyarakat digital) dari Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia pada tahun 2011 :

artikel 1

Sumber : http://ict-pura.info/index.php/ictpura

artikel 2

Sumber : http://ict-pura.info/index.php/ictpura

Dari pemetaan diatas dapat disimpulkan bahwa :

1.Tingkat Literasi atau kemampuan penguasaan atau penggunaan teknologi informasi antara pemerintah, industri, akademisi dan komunitas Cukup
2.Sumber daya teknologi yang tersedia seperti jaringan, hardware, software, informasi dan sumber daya manusia Baik
3.Tata kelola yang mencakup perencanaan, pengadaan, penerapan dan pengawasan Cukup Baik
4.Keselarasan antara nasional dan daerah Selaras

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kabupaten Rejang Lebong dalam kesiapan, kapabilitas, pemanfaatan dan dampak dari ICT siap menghadapi masyarakat digital/kota digital di tahun 2015.

Untuk dapat mengetahui kota/kabupaten seluruh Indonesia dan khususnya Provinsi Bengkulu yang telah masuk dalam program pemetaan dan indeks ICT PURA dapat diakses melalui website : http://ict-pura.info/.

Harapan kedepan dengan adanya program ICT Pura ini semoga kota/kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu siap menghadapi “Era Komunitas Digital atau Digital City” pada tahun 2015, serta para Walikota dan Bupati dapat mengetahui sebatas mana capaian penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerahnya masing-masing. Salam ICT.(**)
Penulis : Sastya H. Wibowo, S.Kom, M.Kom

  •  Ketua APTIKOM Provinsi Bengkulu
  • Koordinator ICT Pura 2012 Provinsi Bengkulu (APTIKOM)
  • Koordinator Survey Pemanfaatan PLIK & MPLIK (SP2M) Provinsi Bengkulu (DETIKNAS)
  • Dosen TI Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

FOTO KEGIATAN PROGRAM ICT PURA 2012 DI PROVINSI BENGKULU

You may also like

Leave a Comment