8 Keunggulan Menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting

Semenjak pandemi beberapa tahun yang lalu, aktivitas seperti sekolah, kuliah, maupun bekerja menjadi sering dilakukan secara online. Dengan menggunakan aplikasi meeting online, orang-orang bisa melakukan kegiatan pertemuan dari rumah masing-masing.

Zoom Cloud Meeting merupakan sebuah aplikasi yang digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh dengan menggabungkan fitur konferensi video, pertemuan online, obrolan, hingga kolaborasi seluler. Aplikasi ini dapat digunakan di berbagai operating system seperti Android, IOS, dan Windows. Aplikasi ini banyak digunakan karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

 

  1. Kualitas Video HD

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh aplikasi Zoom ini adalah menyediakan kualitas video yang jernih. Anda dapat menikmati tampilan video yang jernih lewat HP maupun PC. Dengan begitu, kegiatan meeting akan lebih maksimal khususnya bagi kegiatan sekolah yang memerlukan tampilan jernih saat proses pembelajaran. Suara yang dihasilkan aplikasi ini juga sangat jelas.

 

  1. Bisa Untuk Semua Platform

Berbeda dari b eberapa aplikasi meeting lain yang mempunyai keterbatasan dalam hal akses platform, aplikasi Zoom ini mendukung berbagai platform sebagai medianya, seperti iOS, Android, Windows dan lain lain. Hal ini memungkinkan pengguna yang berbeda platform dapat saling terhubung dan berkomunikasi. Fitur lintas platform sangat berguna khususnya yang sedang di perjalanan agar tetap bisa terhubung dalam pertemuan.

 

  1. Mudah untuk Mengundang Teman

Aplikasi meeting ini sangat mudah digunakan, terutama ketika akan mengundang orang lain ke dalam grup. Caranya cukup  mudah yaitu pengguna cukup mengirimkan undangan atau tautan ke Whatsapp. Bisa juga menambahkan teman ke dalam ruang meeting virtual dengan langsung menambahkan teman yang ada di kontak.

 

  1. Mendukung Fitur Presentasi

Ketika melakukan presentasi, file materi dapat disiaran secara langsung kepada partisipan. Serta partisipan dan pemateri bisa mencoret-coret tampilan presentasi tersebut, sehingga akan membantu dalam menjelaskan dan memahami sebuah materi. Cara ini sangat membantu bagi para guru yang sedang melakukan pembelajaran virtual.

 

  1. Menyediakan Layanan Cloud

Cloud merupakan sebuah fitur penyimpanan virtual yang memungkinkan pengguna dapat menyimpan atau mengakses data di internet. Zoom juga tidak ketinggalan untuk menambahkan fitur penyimpanan tersebut. Sehinggga Anda bisa menyimpan berbagai video yang telah disaksikan ke dalam cloud agar kemudian hari bisa menonton ulang tanpa harus menyimpan nya di harddisk.

 

  1. Fitur On/Off Audio Video

Kita bisa mengatur untuk menampilkan atau mematikan video dan audio kita saat mengikuti meeting pada suatu forum. Hal ini bisa menjaga privasi kita serta tidak mengganggu jalannya sebuah forum. Bagi sebagian orang memang tidak ingin menampilkan wajah atau suara dalam forum, untuk itu fitur ini sangat membantu jalannya meeting agar tetap nyaman.

 

  1. Kapasitas Ruang Besar

Berdasarkan website resminya, Zoom mengklaim dapat menampung hingga 1.000 partisipan dan 10.000 viewers dalam suatu forum live video. Hal ini sangat berguna bagi para korporat yang ingin melakukan pertemuan secara massal. Bisa juga dilakukan untuk kegiatan seminar online.

 

  1. Akses Gratis

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini tentunya tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Zoom memberikan berbagai fitur yang cukup untuk kegiatan pertemuan kita seperti kapasitas hingga 100 partisipan, meeting grup selama 40 menit, fitur Konferensi Video, fitur Web Conferencing, serta fitur kolaborasi grup.

Tersedia juga akses berbayar bagi yang ingin mengupgrade layanan zoom ini ke tingkat lanjut.

 

Artikulli paraprakIndeks Kerawanan Pemilu di Bengkulu Kategori Rawan Rendah
Artikulli tjetër227 Pejabat Fungsional Lingkungan Pemprov Bengkulu Dilantik