oleh

Caleg Harus Taati Etika Berkampanye

Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah, S.Pd, M.Si
Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah, S.Pd, M.Si

kupasbengkulu.com – Menyambut masa kampanye terbuka Februari mendatang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu akan menggelar deklarasi Pemilu Damai Rabu (29/1/2014) mendatang.

Ketua KPU Kota, Darlinsyah, S.Pd, M.Si mengungkapkan, deklarasi Pemilu Damai tersebut sebagai ajang sharing terkait pelaksanaan kampanye sehat dengan mengedepankan etika berkampanye.

Peserta deklarasi tersebut kata dia, berasal dari KPU, Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), Polres Bengkulu, Kejati, dan mahasiswa.

Menurut Darlinsyah, deklarasi yang akan digelar tersebut bertujuan untuk mengantisipasi gesekan antar partai politik maupun calon legislatif. Karenanya, ketika berkampanye suatu parpol maupun caleg dilarang menjelekkan calon lainnya, apalagi mengandung unsur Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

Disisi lain, parpol memegang kontrol terhadap kampanye caleg yang diusungnya dan memiliki tanggung jawab untuk memberi pendidikan politik yang sehat kepada masyarakat.

“Pokok yang akan disampaikan dalam deklarasi tersebut menyangkut pelaksanaan kampanye oleh partai politik dan calog legislatif. Karena pada saat pelaksaan kampanye terbuka nanti, jangan sampai menyinggung caleg atau parpol lain, yang dapat menyebabkan gesekan,” terang Darlinsyah, Senin (27/1/2014).

Menurutnya, tahapan pemilu legislatif telah berlangsung sejak April 2013 lalu. Dalam waktu dekat tahapan lainnya berupa kampanye terbuka, akan dimulai pada 6 Februari dan berlangsung selama 21 hari. Terkait tahapan tersebut KPU Kota akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi. Sebab berdasarkan aturan, saat kampanye terbuka masing-masing parpol diberi waktu satu hari untuk berkampanye.

“Pada pelaksanaannya nanti, dalam satu hari satu partai politik berkampanye serentak baik di tingkat pusat, daerah, hingga kecamatan. Pada hari berikutnya akan dilanjutkan oleh parpol lainnya,” demikian Darlinsyah. (beb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed