Home » POLITIK » Minimalisir Golput, Pemilih Pemula Sasaran Sosialisasi KPU

Minimalisir Golput, Pemilih Pemula Sasaran Sosialisasi KPU

by Firdaus Eka

Suasana sosialisasi KPU Kota Bengkulu terhadap pemilih pemula di aula Gedung Batik Unib, Kamis (30/01/2014) untuk meminimalisir fenomena Golput.

Suasana sosialisasi KPU Kota Bengkulu terhadap pemilih pemula di aula Gedung Batik Unib, Kamis (30/01/2014) untuk meminimalisir fenomena Golput.

kupasbengkulu.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu gencar melakukan sosialisasi tentang pemilu. Salah satunya yang jadi sasaran sosialisasi KPU Kota Bengkulu pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya pada 9 April 2014 mendatang.

KPU Kota Bengkulu bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa (HIMA) Sosiologi Fisip Universitas Bengkulu (Unib), dan Rafflesia Bersatu, Kamis (30/01/2014) menggelar kegiatan Talk Show dengan tema “Sukseskan Pemilu, Pemilih Pemula dan Fenomena Golput”.

Kegiatan ini diikuti pengurus Osis se-Kota Bengkulu, Organisasi Mahasiswa (Ormawa), organisasi kepemudaan, dan pengurus partai politik.

Komisioner KPU Kota Bengkulu, Sri Hartati, dihadapan pemilih pemula ini menjelaskan bentuk surat suara, cara pencoblosan, dan mengimbau agar menggunakan hak pilihnya pada hari pencoblosan.

“Sosialisasi untuk pemilih pemula ini penting, mengingat mereka ini baru pertama kali menggunakan hak suaranya, dan suara yang mereka berikan menjadi sah karena bisa mencoblos dengan benar,” ungkapnya di Aula Gedung Batik Unib.

Sementara itu, Panwaslu Kota Bengkulu, Patihah Siregar, mengajak seluruh elemen, termasuk pemilih pemula ini untuk ikut mengawasi kecurangan pemilu.

“Jika ada kecurangan dalam penyelenggaraan pemilu segera melaporkan kepada kami,” tegasnya.

Usai acara, Ketua Pelaksana Talk Show, Ganda Saputra (21), mengatakan dengan kegiatan ini memberikan pemahaman kepada pemilih pemula, terutama pelajar SMA se-Kota Bengkulu tentang pemilu.

“Setelah sosialisasi ini para peserta paham dan akan menggunakan hak pilihnya, dan tidak Golput atau tidak menentukan pilihannya pada saat pencoblosan,” ujarnya.(cr1)

You may also like

Leave a Comment