oleh

30 Persen Bantuan Sapi Sudah Didistribusikan

Edi Nevian
Edi Nevian

Kota Bengkulu, kupasbengkulu.com – Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu, Edi Nevian, mengatakan sekitar 30 persen bantuan sapi sudah didistribusikan ke beberapa kabupaten seperti Rejang Lebong dan Kabupaten Mukomuko. Sementara bantuan ke kabupaten yang lain saat ini sedang dalam proses pendistribusian.

“Bantuan ke Kabupaten Bengkulu Utara saat ini sedang dalam proses. Diperkirakan pada akhir bulan Juli 2016 ini seluruh pendistribusian dapat diselesaikan,” ujarnya, Senin (16/05/2016).

Diketahui bantuan yang akan diberikan sebanyak 635 ekor sapi, untuk dibagikan kepada 47 kelompok tani. Menurutnya, pendistribusian bantuan ini sudah mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku sehingga diharapkan kepada masyarakat atau Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang belum mendapat bantuan tahun ini dapat bersabar.

Dia menambahkan, pembagian dan penyebaran bantuan ini berdasarkan letak wilayah, iklim dan topografi, serta kesiapan pakan, sehingga tidak dipukul rata setiap kabupaten. Diutamakan sentra produksi ternak yang memang berpotensi dalam pengembangan ternak sapi maupun kambing.

“Hampir setiap tahun kita menjalankan program ini. Sesuai dengan visi misi Gubernur untuk membantu masyarakat di bidang ekonomi kerakyatan dalam bentuk pengadaan dan penyebaran ternak sapi dan kambing. Ini juga sejalan dengan visi misi Presiden masalah kedaulatan pangan dan ketahanan pangan,” jelasnya.

Masing-masing kelompok tani mendapatkan bantuan sapi dengan jumlah yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan kelompok tani tersebut, dengan besaran jumlah sekitar 10 hingga 20 ekor.

“Dalam pelaksanaan tahun ini kita memang belum bisa mengakomodir seluruh permintaan dan keinginan masyarakat karena anggaran kita terbatas. Tapi program ini akan terus berlanjut,” tandasnya. (bii)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed