oleh

64 Warga Rejang Lebong Idap HIV/Aids

 HIV-AIDS-620x330

Rejang Lebong, Kupasbengkulu.com- Saat ini ada 64 warga Kabupaten Rejang Lebong terinfeksi HIV/Aids. Jumlah itu terhitung selama 4 tahun terakhir,  2011-2015.

Ini dikatakan Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Nunung Trimulyanti, Jumat (17/6/2016).

Nunung menyatakan, hasil tersebut didapatkan dari data seluruh Puskesmas di 15 kecamatan, kabupaten Rejang Lebong. Dari jumlah itu diketahui ada penambahan tujuh pasien baru dalam setahun terakhir ini.

“Benar, bahkan salah satu diantaranya adalah ibu rumah tangga, di Kecamatan Binduriang,” jelas Nunung.

14 Orang Meninggal
Nunung mengatakan, ada 14 orang dari total penderita HIV/Aids tersebut sudah meninggal dunia. Untuk itu, pihaknya terus melakukan pemantauan, agar tidak jatuh lagi korban serupa.

“Untuk pemantauan perkembangan penderita HIV/AIDS, kami sudah menyiapkan tempat pemeriksaan HIV maupun infeksi menular seks (IMS) lainnya di beberapa lokasi yang disediakan,” terangnya.

Tempat itu ada di Puskesmas Curup Kota, Puskesmas Baru Galing dan Rumah sakit Umum Daerah (RSUD) Curup, dimana pemeriksaan tersebut gratis dan dijamin kerahasiaannya.

“Kerahasiaan itu dilakukan agar tidak terjadi gangguan psikologis penderita dan terhadap masyarakat,” ujar Nunung

Selain itu, Dinkes kabupaten juga melakukan pemeriksaan kesehatan ibu hamil atau screening HIV/AIDS dan IMS. Hal ini ditujukan untuk mengantisipasi penyebaran pada anak Balita.  (vai)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

7 + 2 =

News Feed