oleh

Buat Kartu BPJS, Ratusan Warga Desak-Desakan

IMG00667-20140108-0943
MEMBLUDAK : Ratusan warga dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu, Rabu (8/1/2014) berdesak-desakan membuat kartu BPJS Kesehatan di RSUD M Yunus.

kupasbengkulu.com – Ratusan warga dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu, Rabu (8/1/2014) sekitar pukul 09.01 WIB memadati Center pembuatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus Bengkulu. Dalam pembuatan kartu BPJS tersebut, ratusan warga terpaksa mengantri, lantaran loket atau center di RSUD M Yunus hanya tersedia 3 loket.

Akibatnya, penumpukan warga menjadi mengular sepanjang 15 meter didepan Center BPJS. Bahkan, saat menganti warga berdesak-desakan dan saling dorong antara kaum pria dan wanita untuk mendapatkan urutan pertama dalam pembuatan kartu tersebut. Penyebab mengularnya antrian itu, juga ditandai dari pihak managemen BPJS RSUD tidak membuat nomor antrian.

”Masa loketnya ada 3 saja. Sementara warga yang ingin membuat kartu BPJS sudah mencapai ratusan. Semestinya, managemen rumah sakit sudah menyediakan loket jauh-jauh hari, agar tidak ada antrian panjang dan desak-desakan begini,” kata salah satu warga Kabupaten Kepahiang yang ikut mengantri, Herman, Rabu (8/1/2014).

Herman menyesalkan, atas pelayanan manageman BPJS RSUD M Yunus yang belum siap untuk melayani pembuatan kartu BPJS Kesehatan. Selain tidak adanya nomor antrian, warga yang berdesak-desakan terpaksa mengantri dengan cara berdiri. Ia juga mengeluhkan, dalam pembuatan kartu BPJS tersebut, untuk satu warga membutuhkan waktu 2 jam.

”Nampaknya, dari managemen BPJS Kesehatan di RSUD belum siap. Masa, warga yang datang disuruh berdiri untuk mengantri tanpa ada disediakan tempat duduk. Kita kasihan kepada kaum ibu-ibu yang mengantri. Sebab, saat mengantri warga saling dorong sampai-sampai berhimpit-himpitan,” protes Herman.

Secara terpisah, Wakil Direktur Pelayanan RSUD M Yunus Bengkulu, drg. Adifitridin mengakui, jika Sumber Daya Manusia (SDM) yang ditempatkan di Center BPJS Kesehatan RSUD belum begitu mengerti atas proses pembuatan kartu BPJS Kesehatan untuk warga. Selain itu, kata dia, Center BPJS di RSUD M Yunus saat ini baru ada 3 center. Sementara yang dibutuhkan sebanyak 4 center.

”Kita sangat kualahan dengan membludaknya warga dalam pembuatan kartu BPJS Kesehatan di sini. Kita akui, jika petugas di center belum begitu paham dalam pelayanan pembuatan ini. Makanya, setiap pembuatan kartu BPJS satu warga membutuhka waktu cukup lama,” jelas Adifitridin.

Ia mengimbau, kepada warga yang ingin membuat kartu BPJS Kesehatan di RSUD M Yunus, sebelumnya mesti membawa surat rujukan dari Puskesmas atau RSUD Tipe C sesuai dengan tempat tinggal warga di Provinsi Bengkulu.

”Tanpa adanya surat rujukan dari puskesmas dan RSUD setempat, kita mohon maaf warga tidak akan di layani di Center RSUD M Yunus,” demikian Adifitridin.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed