Buka Kotak Suara Formulir C1 Plano, KPU Kaur Jadi Temuan Panwaslu

0
Buka Kotak Suara Formulir C1 Plano, KPU Kaur Jadi Temuan Panwaslu
Foto : Menty Saputri
KPU Kaur menjadi temuan Panwaslu karena membuka kotak suara formulir C1 tanpa didampingi Panwaslu. (Foto : Menty Saputri)

kupasbengkulu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur membuka kotak suara formulir C1 plano KPU tanpa dihadiri oleh Panwaslu dan saksi parpol, hanya dihadiri oleh pihak kepolisian.

Sekretaris KPU Darmawansyah S.IP, MM, menerangkan jika pembukaan kotak suara ini berdasarkan perintah dari KPU pusat. Dan hanya melalui SMS belum ada surat resmi yang diterima.

Pembukaan kotak suara ini sudah berlangsung dua hari yakni Selasa (29-4-2014) lalu.

Anggota Panwaslu Kabupaten Kaur Septi Muda S.Pd didampingi Titi P Kusni SH.I mengatakan tidakan yang diambil KPU Kaur ini sudah termasuk dalam temuan panwaslu. Seharusnya pembukaan kotak suara ini berdasarkan surat resmi, dan surat tersebut harus terdapat nomor surat yang jelas.

“Kami tidak mengetahui sama sekali apa alasan mereka (KPU Kaur,red) membuka kotak suara tersebut. Dan pada hari pertama pembukaan kotak suara formulir C1 plano kami tidak mengetahui. Dan surat resmi baru masuk Rabu (30/4/2014) pukul 11.00 WIB. Sedangkan KPU sudah membukanya sebelum kami terima surat resmi. Jadi tindakan pembukaan kotak suara C1 plano ini kami anggap tanpa dasar,” tutur Septi Muda Kamis (01/5/2014).

Selanjutnya, ia mengatakan temuan ini akan dikaji terlebih dahulu. Dan apakah nanti termasuk unsur pelanggaran PKPU atau tidak.

“Bagaimana mungkin kegiatan pembukaan kotak suara Formulir C1 ini dapat dilaksanakan tanpa Panwaslu. Dan hal ini tanggung jawab KPU,” terangnya.(mty)