oleh

Delapan Kelurahan Nikmati Program PLPBK

Peresmaian 8 Kelurahan dalam program PLPBK
Peresmaian Delapan Kelurahan dalam program PLPBK

 

Bengkulu, kupasbengkulu. com – Kelurahan Malabero, Sumur Melele, Sumber Jaya, Beringin Raya, Bentiring, Lingkar Timur, Sumur Dewa dan Kelurahan Teluk Sepang. Delapan kelurahan di Kota Bengkulu, Senin (18/04/2016), resmi menikmati program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) yang telah direalisasikan sejak tahun 2015 lalu.

(Baca: Puluhan Kelurahan Kumuh di Kota Bengkulu Akan Dibenahi)

“Program sudah selesai, saat ini peresmian penggunaan oleh masyarakat. Pembangunan yang dilakukan antara lain rumah, jalan, drainase, dan sumur bor,” ujar Team Leader Program PLPBK Bengkulu, Harmudya, Senin (18/04/2016).

Harmudya mengatakan, program PLPBK di delapan Kelurahan ini menghabiskan dana sekitar Rp 11 miliar, yang mana setiap kelurahan mendapatkan bantuan Rp 1 miliar.

“Rata-rata Rp 1 miliar per kelurahan. Namun ada 3 kelurahan yang mendapat Rp 2 miliar, yakni Bentiring, Sumber Jaya, dan Sumur Dewa,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, yang hadir dalam peresmian tersebut mengatakan pada prinsipnya program ini sangat sejalan dengan program pemerintah di daerah. Ke depan yang harus dilakukan adalah memastikan masyarakat penerima program agar memelihara yang telah dibangun, serta menjamin kesinambungan terutama terkait dengan pemberdayaan ekonomi.

“Seperti pengembangan usaha kecil dan menengah, simpan pinjam perempuan, serta dana bergilir, kesinambungan program ini yang harus terjamin agar program tak hilang begitu saja. Kalau lingkungan sudah ditata, kegiatan ekonominya berjalan, program perlindungan sosialnya semuanya bersinergi maka masyarakat menjadi mandiri,” pungkasnya.(val)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed