Minggu, November 27, 2022

Dua Bule Kampanye Tolak Minyak Sawit Bengkulu

Baca selanjutnya

Jeff Conan saat berpose dengan warga korban konflik perkebunan dan agraria di Kabupaten Seluma, Bengkulu
Jeff Conan saat berpose dengan warga korban konflik perkebunan dan agraria di Kabupaten Seluma, Bengkulu

kupasbengkulu.com – Dua warga negara Amerika Serikat Jeff Conan dan Brihannala Morgan menyatakan akan melakukan kampanye penolakan membeli produk hasil tambang dan perkebunan dari Bengkulu di tingkat internasional,  jika pemerintah setempat tak kunjung memberikan rasa adil bagi warga korban konflik agraria dari perkebunan dan pertambangan.

“Kami mengunjungi beberapa wilayah di Bengkulu tempat asal perkebunan kelapa sawit, tambang batubara, kunjungan itu kami temukan ternyata banyak masyarakat menjadi korban konflik agraria dan kerugian dari sisi lingkungan hidup,” kata Jeff Conan, Minggu (18/5/2014).

Sementara kata dia warga negara Amerika Serikat setiap hari mengkonsumsi produk tersebut.

“Ini merupakan ketidakadilan, kami konsumsi produk yang diambil dari tempat yang merugikan masyarakat setempat,” tambah Jeff.

Ia melanjutkan, terdapat dua kabupaten ia kunjungi yakni Bengkulu Utara dan Seluma, kedua kabupaten tersebut merupakan wilayah yang korban konflik agraria dan kerusakan lingkungan hidup tertinggi di Provinsi Bengkulu.

Di lanjutkan Jeff, ada konflik yang telah berpuluh tahun terjadi di Kabupaten Seluma yakni antara masyarakat setempat dengan perusahaan kelapa sawit. Diduga perusahaan tersebut menyerobot tanah masyarakat.

“Kami warga negara Amerika Serika mengkonsumsi hasil kelapa sawit dari Indonesia salah satunya sementara penderitaan masyarakat terjadi di tempat asal minyak kelapa sawit, ini tidak adil menurut kami,” tambah Jeff.

Selain itu terjadi juga konflik pertambangan batubara antara koperasi milik polisi dengan masyarakat dan banyak lagi hasil temuan Jeff dan Brihannala.

“Kami akan kampanyekan untuk menolak mengkonsumsi hasil pertambangan dan perkebunan di Bengkulu termasuk Indonesia jika proses yang membuat masyarakat di sekitar perusahaan tetap sengsara, kami juga berharap agar pemerintah setempat segera memberikan rasa keadilan bagi warganya,” demikian Jeff.

Jeff aktif diorganisasi Friends of Earth (FOE) dan Brihannala Morgan dari RAN (Rainforest Action Network). (kps)

Masa Sidang Ke III Legislator Marlesi Jemput Aspirasi Konstituen Dapil II

Kupas News, Bengkulu – Memasuki akhir tahun 2022, seluruh anggota dewan provinsi Bengkulu menjalani masa reses. Dimana menyerap aspirasi dan menindaklanjuti aspirasi merupakan perwujudan...

Pembukaan KBN 2022 di Bengkulu Ditandai Peluncuran Logo dan Maskot

Kupas News, Kota Bengkulu – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) 07 membuka secara resmi kegiatan Kemah Bela Negara Nasional (KBN)...

Polda Bengkulu Gelar Shalat Ghaib untuk Korban Gempa Cianjur

Kupas News, Kota Bengkulu – Ungkapkan rasa turut berduka cita atas musibah gempa yang menimpa daerah Cianjur Jawa Barat, Personil Polda Bengkulu , Jum’at...

Polisi Tangkap Dua Pelaku Curas yang Beraksi di STQ Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Polsek Selebar berhasil menangkap dua dari tiga pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi pada Senin 21...

Lelang Eselon II, 22 Pendaftar Masuk Tahap Seleksi Administrasi

Kupas News, Kota Bengkulu – Proses lelang jabatan pejabat eselon II Pemkot Bengkulu telah memasuki tahapan seleksi administrasi berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan. Saat ini...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru